70 Persen Burung Besi Garuda Bertengger di Sejumlah Bandara

Di masa pembatasan terbang hingga 31 Mei 2020, PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) mengistirahatkan 70 persen pesawatnya. Burung besi itu bertengger di sejumlah bandara kelolaan PT Angkasa Pura.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID – Pembatasan operasional terhadap seluruh moda transportasi, termasuk pesawat terbang sejak 7 Mei 2020 membuat PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memilih mengistirahatkan 70% armadanya. Pesawat dari maskapai penerbangan pelat merah ini brtengger di sejumlah bandara kelolaan PT Angkasa Pura.

Keputusan itu juga bertujuan mendukung aturan larangan mudik di tengah pandemi Covid-19 yang kian meluas di Tanah Air. “Saat ini hampir 70% pesawat Garuda ‘beristirahat’ di darat,” dikutip dari akun instagram @garuda.indonesia di Jakarta, Senin (25/5/2020).

Baca: ICAO Sebut Virus Corona Lebih Dahsyat dari SARS, Pendapatan Maskapai Hilang Rp70 T

Director of Maintenance Garuda Indonesia Rahmat Hanafi mengatakan, langkah ini ditempuh untuk menjaga kondisi armada tetap prima. Harapannya, ketika penerbangan kembali normal, pesawat tetap memenuhi kelaikan udara.

Sistem perawatan yang dilakukan pihak maskapai ini dinamakan prolong inspection. “Mekanismenya, dilakukan dengan beberapa tahapan sesuai dengan perawatan manual setiap unit pesawat. Beberapa hal yang dilakukan untuk tetap airworthy prolong,” jelasnya.

Baca: Efek Corona, Frekuensi Terbang Maskapai Menukik Tajam

Bagian mesin, dilakukan penutupan inlet dan knalpot belakang agar tidak ada partikel yang masuk ke mesin pesawat.

“Para teknisi kami dari @gmfaeroasia bekerja siang dan malam merawat pesawat di darat melalui prolong inspection sesuai manual perawatan masing-masing pesawat,” jelasnya.

Baca: Pemerintah Terapi Maskapai dengan Insentif

Sedangkan kabin, dilakukan pembersihan dengan teknik mengelap di setiap kursi dan perangkat fasilitas pesawat lainnya.

Rahmat Hanafi menambahkan pesawat-pesawat yang tidak mengudara sementara tersebut akan menjalani sejumlah proses perawatan.

Rahmat Hanafi bilang, aspek keselamatan menjadi fokus utama perseroan pada saat pesawat-pesawat tersebut mengudara kembali pada waktu mendatang. #

One thought on “70 Persen Burung Besi Garuda Bertengger di Sejumlah Bandara

  1. Pingback: New Normal, Ini 7 Protokol Kesehatan di Bandara Kelolaan Angkasa Pura I | Newsurban

Leave a Reply