Pasien COVID-19 Nunukan Ajukan Isolasi Mandiri, Ini Syaratnya

Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Nunukan Aris Suyono. (ist-newsurban.id)

Tiga orang pasien positif COVID-19 di Kabupaten Nunukan minta isolasi mandiri di rumahnya. Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 memberikan syarat.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Nunukan Aris Suyono mengatakan, ada 3 orang pasien berkeinginan untuk dilakukan isolasi mandiri di rumahnya masing-masing. Tetapi tim harus melakukan survei lokasi terlebih dahulu guna meminta persetujuan di lingkungan warga sekitar tempat pasien tersebut tinggal.

“Ada 3 pasien yang meminta untuk isolasi mandiri, akan tetapi baru 1 yang dipulangkan guna melakukan isolasi mandiri, yang 2 masih menunggu persetujuan keluarga dan masyarakat sekitar, termasuk dari kepala Puskesmas yang nantinya akan memantau kondisinya selama menjalani isolasi mandiri,” ungkap Aris, Jumat 29 Mei 2020.

Baca: Bupati Laura Kunjungi Isolasi Mandiri Pertama Pasien OTG COVID-19

Sejauh ini 21 orang telah dinyatakan sembuh dan 22 pasien masih terkonfirmasi positif COVID-19 yang menjalani perawatan di Kabupaten Nunukan, 4 orang memilih melangsungkan isolasi mandiri di rumahnya.

Menurut Aris 4 orang yang melakukan isolasi mandiri ini yakni 2 orang di antaranya berada di Kelurahan Mansapa, Kecamatan Nunukan Selatan, sedangkan 1 orang saat ini berada di Malinau, dan 1 orang lagi baru hari ini meminta dilakukan isolasi mandiri, yakni warga Kelurahan Nunukan Timur.

Baca: Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid. SE, MM, Perempuan Perkasa di Perbatasan RI Malaysia

Sedangkan untuk memenuhi isolasi mandiri di rumah bagi pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19, ada beberapa syarat yang harus dilakukan terlebih dahulu.

SYARAT ISOLASI MANDIRI: 
1. Rumahnya harus memenuhi syarat sanitasi rumah sehat dan ada ruangan terpisah dengan anggota keluarga lainnya. 
2. Masyarakat sekitar harus menerima. 
3. Pelaku isolasi mandiri harus patuh dan disiplin akan aturan dari isolasi mandiri.

“Pertama, rumahnya harus memenuhi syarat sanitasi rumah sehat dan ada ruangan terpisah dengan anggota keluarga lainnya. Kedua, masyarakat sekitar harus menerima. Ketiga, pelaku isolasi mandiri harus patuh dan disiplin akan aturan dari isolasi mandiri. Jika tidak terpenuhi syaratnya maka tidak bisa dilakukan isolasi mandiri,” pungkasnya. (arung)

One thought on “Pasien COVID-19 Nunukan Ajukan Isolasi Mandiri, Ini Syaratnya

  1. Pingback: Pemerintah Nunukan Siap Hadapi Fase New Normal | Newsurban

Leave a Reply