Fraksi PDIP, Rifqi Karsayuda: New Normal Bisa Jadi Bencana Tanpa Gotong Royong

Rifqinizamy Karsayuda Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR-RI.

Tatanan hidup baru atau the new normal life bisa jadi bencama tanpa didukung sikap peduli satu dengan yang lain, protokol kesehatan amat mudah dilanggar.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID  – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR-RI, Rifqinizamy Karsayuda mengatakan kebijakan untuk kembali pada kondisi normal dengan tatanan baru yang kerap disebut sebagai “the new normal” hanya bisa dilaksanakan dengan baik, jika seluruh elemen bangsa melakukan gotong royong berskala besar.

“Kita wajib terus bergotong royong untuk menjaga protokol kesehatan, terus menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan lainnya. Tanpa adanya sikap peduli satu dengan yang lain, protokol kesehatan amat mudah dilanggar di masa “the new normal” nanti,” ungkap Rifqi Karsayuda, Anggota Komisi V DPR RI dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/5).

Baca: PDI Perjuangan Terapkan Semangat Bung Karno dan Spirit Pancasila Hadapi Covid-19

Pandemi Covid-19 menghadirkan berbagai ketidakpastian, sebab karakteristik virus ini sendiri sampai saat ini belum dapat diprediksi (unpredictable) dan belum ditemukan vaksin anti-virusnya.

Pada pihak lain, bangsa Indonesia tak boleh menyerah pada Pandemi ini. Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, menjaga jarak dan membatasi kegiatan-kegiatan sosial yang bersifat kerumunan, aktivitas keseharian, termasuk aktivitas ekonomi harus tetap berjalan.

Rifqi juga mengungkapkan, jika “the new normal” adalah cara bangsa Indonesia terus bangkit di tengah pandemi Covid-19 yang penuh ketidakpastiaan.

Baca: Pilkada Tergantung Penanganan Corona, Djarot: Ada Klausul Penundaan Kembali di Perppu No.2/2020

“Fondasi ekonomi, sosial, bahkan politik akan terus merapuh jika kita tidak bangkit di tengah segala ketidakpastiaan ini. Pada pihak lain, bangkit tanpa rasa gotong royong, disiplin dan penuh solidaritas dengan tetap waspada pada Pandemi ini, tentu akan menghadirkan bencana yang tak terhindarkan” imbuh Rifqi.

Oleh itu, menurutnya, pemberlakuan “the new normal” dengan gotong royong berskala besar yang melibatkan seluruh elemen bangsa adalah keniscayaan.

Seluruh elemen kepemimpinan bangsa, baik di institusi eksekutif, legislatif dan penyelenggara negara lainnya di Pusat dan di Daerah harus bergandengan tangan bersama rakyat menghadapi ini.

“Saya yakin kita bisa. Bangsa ini telah membuktikan soliditasnya pada berbagai momentum yang kerap dan rentan memecah belah kita. Kini saatnya kita buktikan kembali, jika kita akan terus ada dan bangkit di tengah kondisi demikian” ungkap legislator dapil Kalimantan Selatan I ini. (gi/*)

Leave a Reply