Tembus 200 Positif Covid-19 Luwu Timur! Setelah Wacana New Normal, Apa Langkah Selanjutnya?

Sebaran kasus Covid-19 di Kabupaten Luwu Timur

Walaupun Pemerintah Daerah Luwu Timur, telah mewacanakan akan menerapkan era new normal. Namun sampai saat ini upaya itu belum juga dilakukannya sekarang ini. Atau Pemkab ada langkah lain diterapkan agar angka penyebaran virus corona ini turun?

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID — Sekarang ini, kasus positif virus corona (Covid-19) di Luwu Timur sudah mencapai 200 orang, melalui web http://covid19.luwutimurkab.go.id. Senin (1/6/2020), angka tersebut terus bertambah tiap harinya. Walaupun saat ini 5 pasien sembuh dari virus corona.

“Alhamdilillah, hari ini terdapat 5 orang sembuh sehingga total akumulasi pasien sembuh di Luwu Timur dari virus corona ialah 61 orang,” ungkap Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Luwu Timur, Masdin.

Adapun sebaran 5 pasien sembuh dinyatakan sembuh yakni kecamatan Angkona 3 orang, Tomoni 1 orang, dan Malili 1 orang.

Baca juga: Positif Covid-19 di Luwu Timur Terus Bertambah, Sarkawi Ingatkan Pemda Hati-hati Gaungkan New Normal

Selain pasien sembuh tersebut, Kepala Dinas Kominfo ini juga menginformasikan bahwa terdapat 3 penambahan kasus baru posiitif covid-19 dari Kecamatan Nuha.

Sebelumnya, Bupati Mohammad Thoriq Husler Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur, mulai akan mempersiapkan new normal.

Hal itu disampaikan Bupati Luwu Timur, Thorig Husler, dalam rapat evaluasi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 (GTPP) Luwu Timur di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Luwu Timur, Kamis (28/5/2020).

Baca jugaDana Rp35 Miliar Cegah Corona, Angka Positif Kian Bertambah di Luwu Timur

Menurut Husler, kebijakan ini sejalan dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo yang sudah membolehkan masyarakat kembali beraktivitas dengan catatan harus sesuai protokol kesehatan.

Untuk tahap pertama, kata Suami Puspawati Husler, seluruh ASN Pemkab Luwu Timur sudah harus mulai berkantor seperti biasa. “Pak Sekda (Bahri Suli), saya minta mulai pekan depan semua ASN sudah harus kerja seperti biasa,” kata Husler, Jumat (29/5/2020).

Walaupun Pemerintah Daerah Luwu Timur, telah mewacanakan akan menerapkan era new normal. Namun sampai saat ini upaya itu belum juga dilakukannya sekarang ini. Atau Pemkab ada langkah lain diterapkan agar angka penyebaran virus corona ini turun?

Baca juga: Di Luwu Raya, Luwu Timur Paling Tinggi Jumlah Kasus Positif Covid-19

Untuk diketahui, adapun data covid-19 di Luwu Timur perhari ini, ialah Positif 200 dengan rincian 61 sembuh dan 139 dirawat. PDP 41 dengan rincian proses pengawasan 17, selesai pengawasan 20 dan meninggal 4. ODP 369 dimana sementara pemantauan 40 dan sleesai pemantauan 329. Sedangkan OTG sebanyak 672 dengan rincian proses pemantauan 311 dan selesai pemantauan 361.