Banjir di Kabupaten Luwu Makin Meluas, 4 Kecamatan Sudah Terendam

Sejumlah warga terdampak banjir untuk menyalamatkan diri

“Banjir ini akibat curah hujan yang tinggi sejak Jumat (05/06/2020) siang. Dan dilanjutkan kembali Sabtu (6/6/2020) mulai pukul 03.00 WITA dini hari tadi, berselang satu jam, air mulai meluap hingga ke pemukiman warga dan jalan trans nasional, akibatnya aktivitas warga lumpuh total,” kata Kepala BPBD Kabupaten Luwu, Rahman Mandaria, Sabtu (06/06/2020).

LUWU, NEWSURBAN.ID — Curah hujan makin tinggi di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, akibatnya sungai Suli dan sungai Larompong meluap, sehingga empat kecamatan terendam banjir.

“Ada empat Kecamatan yang terendam banjir di Kabupaten Luwu, yakni Kecamatan Suli, Suli Barat, Larompong, dan Larompong Selatan,” ungkap Kepala BPBD Kabupaten Luwu, Rahman Mandaria, Sabtu (06/06/2020).

Ia menyebutkan, untuk Kecamatan Larompong ada 5 wilayah, yakni Kelurahan Larompong, Cappie, Desa Rantebelu, Desa Riwang, Desa Buntumatabing dan Desa Bilante.

Sementara di Kecamatan Larompong Selatan, ada dua wilayah yang banjir, yakni di Desa Temboe dan Desa Sampano.

Warga mencoba menyelamatkan diri untuk mengungsi

Baca juga: Banjir Bandang di Kabupaten Luwu Rendam Tiga Kecamatan

Untuk Kecamatan Suli sendiri, yakni Kelurahan Suli, Desa Buntu Kunyi. Dan Kecamatan Suli Barat, yakni Kelurahan Lindajang dan Desa Buntubarana.

“Banjir ini akibat curah hujan yang tinggi sejak Jumat (05/06/2020) siang. Dan dilanjutkan kembali Sabtu (6/6/2020) mulai pukul 03.00 WITA dini hari tadi, berselang satu jam, air mulai meluap hingga ke pemukiman warga dan jalan trans nasional, akibatnya aktivitas warga lumpuh total,” kata Rahman.

 

Untuk sementara ini, kata Rahman, ketinggian air mencapai satu meter hingga mencapai 2 meter. Hingga menggenangi pemukiman warga, sawah, perkebunan, tempat ibadah, dan sekolah maupun fasilitas umum lainnya.

“Sekarang ini, Tim sedang di lapangan dan mengevakuasi warga yang terdampak, kami juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah Kabupaten Luwu dan Provinsi sulawesi Selatan,” ucap Rahman. (*)

One thought on “Banjir di Kabupaten Luwu Makin Meluas, 4 Kecamatan Sudah Terendam

  1. Pingback: Tanggul Pompengan Lamasi Luwu Jebol, 8 Desa di 2 Kecamatan Terendam Banjir | Newsurban

Leave a Reply