Beruntun 5 Kali WTP, Nunukan Pilot Project LKPD

Pemerintah Kabupaten Nunukan jadi salah satu pilot project oleh BPK untuk sistem laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) di Kalimantan Utara.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalimantan Utara Agus Priyono mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Nunukan karena telah meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) 5 kali berturut-turut.

Agus, mengatakan pemeriksaan ini ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran penyajian laporan keuangan pemerintah Kabupaten Nunukan untuk diperhatikan kesesuaiannya dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

“Alhamdulillah hari ini laporan hasil pemeriksaan (LHP) keuangan pemerintah daerah Kabupaten Nunukan tahun anggaran 2019, telah dapat kita serahkan kepada Ketua DPRD dan Bupati Kabupaten Nunukan”, kata Agus melalui siaran video conference di kantor Bupati Nunukan (12/6).

Agus menjelaskan, secara buku, LHP kali ini berbeda dengan sebelumnya. Namun demikian Pemkab Nunukan berhasil memenuhi standar yang dinilai oleh BPK.

Baca:

Karena itu, Agus ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Nunukan. Walaupun di tengah situasi pandemi Covid-19, suplai data dipenuhi semuanya sesuai harapan tim BPK, sehingga bisa menyelesaikan laporan tambahan berupa hasil analisis.

Atas hasil itu, Pemerintah Kabupaten Nunukan dijadikan pilot project oleh BPK Provinsi Kaltara. “Kami memilih Pemda Kabupaten Nunukan sebagai salah satu pilot project, untuk semata-mata memberikan nilai tambah dan manfaat kepada masyarakat terkait penilaian terhadap aspek kinerja bidang infrastruktur”, ucap Agus.

Bupati Nunukan Hj Asmin Laura, mengatakan ini adalah hadiah ulang tahun Kabupaten Nunukan selama 4 tahun kepemimpinan. WTP ini adalah kali kelima selama memimpin Nunukan.

“Alhamdulillah, kami dari Pemda dapat mempertahankan eksistensi kita di dalam pengelolaan keuangan daerah selama 5 kali berturut-turut”, kata Laura saat ditemui pers.

Laura menambahkan, untuk target ke depan tentu kita harus melihat juga situasi pandemik Covid-19 yang terjadi hari ini dan ini sudah pasti akan mempengaruhi angka statistik kita ke depan.

“Kita di Pemda banyak melakukan perubahan anggaran terkait dengan visi kita ke depan. Akan tetapi kita tetap konsisten dalam artian apa yang sudah menjadi program kita, sepanjang bisa jalan tetap kita jalankan, namun kita juga harus menyesuaikan dengan arahan pemerintah pusat,” lanjut Laura.

Baca: Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid. SE, MM, Perempuan Perkasa di Perbatasan RI Malaysia  (fbi)

One thought on “Beruntun 5 Kali WTP, Nunukan Pilot Project LKPD

  1. Pingback: Lima Fraksi Apresiasi Kinerja Keuangan Pemkab Nunukan | Newsurban

Leave a Reply