Jelang New Normal, Susi Minta Pemerintah Perbanyak Bantuan Kepada Pelaku Usaha

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti

Mengaku nihil pendapatan selama 2 bulan terakhir, Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berharap pemerintah dapat memberikan keringanan beban reguler seperti biaya perpanjangan izin terbang dan surat keterangan security clearance (SKSC).

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menilai pemerintah perlu memperbanyak bantuan dan arahan kepada pelaku usaha dalam menyongsong tatanan normal baru (new normal).

Susi juga menyayangkan minimnya perhatian pemerintah kepada pelaku usaha terutama di sektor penerbangan yang terpukul berat akibat pandemi virus corona. Ia mengaku belum merasakan insentif pemerintah, ia masih harus membayar beban usaha secara penuh meski tak menerima pendapatan.

Baca juga: New Normal Life Plus Interpensi BI Bawa Rupiah Tiga Pekan Jadi Raja Asia

“Sulitnya kami seperti tidak ada guideline (arahan), semua seperti biasa. Semua sektor pembayaran, pos pembayaran pemerintah tidak ada satu pun yang tidak bayar,” ucapnya lewat video conference pada Jumat (12/06/2020).

Mengaku nihil pendapatan selama 2 bulan terakhir, Susi berharap pemerintah dapat memberikan keringanan beban reguler seperti biaya perpanjangan izin terbang dan surat keterangan security clearance (SKSC).

Baca juga: Sekretaris Muhammadiyah Tak Sepakat Diterapkan Konsep New Normal

Susi berharap minimal pemerintah dapat menggratiskan pembayaran beban reguler tersebut untuk sementara waktu. Sebab, dia meramal sektor penerbangan baru akan kembali beroperasi secara normal pada tahun depan.

Dalam usahanya bertahan, Susi Air terpaksa merumahkan dan memutus hubungan kerja (PHK) karyawannya.

“(Kami) dalam bertahan menutup banyak cabang dan merumahkan banyak karyawan, defisit mau jual aset tapi kan tidak mudah juga jual aset saat seperti ini,” ucapnya.

 

 

Leave a Reply