Banjir Bantaeng, Gubernur Sulsel Bantu Anggaran Tanggap Darurat Rp16 M

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah meninjau lokasi banjir di Bantaeng didampingi Bupati Bantaeng Ilhamsyah Azikin. (humas)

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah akan membantu Rp16 miliar anggaran tanggap darurat dan rekonstruksi untuk korban banjir bandang di Kabupaten Bantaeng.

BANTAENG, NEWSURBAN.ID – Nurdin Abdullah yang juga mantan Bupati Bantaeng dua periode menemui warga di tujuh kelurahan dari dua kecamatan yang dilanda banjir, yakni Kecamatan Bantaeng dan Kecamatan Bissapu, di Kabupaten Bantaeng, Sulsel.

Banjir yang terjadi secara mendadak itu akibat dari luapan Sungai Calendu karena tidak mampu menampung debit air dari tingginya curah hujan sejak Jumat (12/6), pukul 17.00 Wita, hingga Sabtu Subuh (13/6).

Banyak rumah warga terendam air. Sejumlah lahan perkebunan milik warga dan fasilitas yang ada juga terendam.

Mantan Bupati Bantaeng dua periode Nurdin Abdullah menemui korban yang tertimpa bencana dan menyempatkan diri ikut salat jenazah dari salah satu korban yakni Khaerul Fattah Ampa (12).

Gubernur memberikan semangat kepada keluarga korban untuk tetap tabah menghadapi cobaan. “Bapak tetap sabar dan kuat. Insya Allah almarhum diterima di sisi-Nya,” kata Gubernur Nurdin saat bertemu dengan ayah Khaerul.

Baca:

Gubernur juga meninjau aliran sungai Calendu dan berbicara dengan warga sekitar terkait kejadian banjir. Gubernur sekaligus meninjau ke lokasi banjir di wilayah permukiman warga dan ke Cekdam Balang Sikuyu, lokasi yang jebol di sisi kanan.

Ketika berada di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantaeng, Gubernur menyatakan akan memberikan bantuan dana tanggap darurat dan rekonstruksi banjir sebesar Rp16 miliar.

“Saya kira banyak dari saudara-saudara kita butuh kepastian bantuan pemerintah. Bahwa bencana ini ada, pemerintah harus hadir,” katanya.

Nurdin menyebut Kabupaten Bantaeng merupakan wilayah yang memang rawan banjir, karena dataran rendah, dan tidak jauh bibir pantai.

“Biasanya kalau sudah hujan di daerah ini, warga sudah mulai gelisah,” katanya.

Dalam kunjungan, Gubernur juga menyerahkan bantuan lauk pauk 78 paket, makanan tambahan gizi 78 paket, shelter kit 30 paket, dan sandang 100 paket yang diterima langsung Bupati Bantaeng, Ilhamsyah Azikin. #

Leave a Reply