BNN Sebut Nunukan Pintu Masuk Incaran Jaringan Narkoba Internasional

Sosialisasikan Bahaya Laten Narkoba digelar Kantor Imigrasi Kelas II TPI Nunukan bersama BNN Kabupaten Nunukan, Jumat (12/6) di Aula Kantor Imigrasi Kelas II TPI Nunukan.

Kepala BNN Nunukan Kompol La Muati mengungkap, Kabupaten Nunukan yang berbatasan dengan Malaysia kerap kali dimanfaatkan jaringan narkoba internasional sebagai pintu masuk.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Nunukan Hanton Hazali menekankan agar seluruh anggotanya jauhi narkoba.

“Sayangi diri anda, keluarga anda dan pekerjaan anda serta jadilah panutan kepada masyarakat luas bahwa kita semua di sini bersih narkoba,” kata Hanton saat membuka sosialisasi Bahaya Laten Narkoba di Aula Kantor Imigrasi Kelas II TPI Nunukan, Jumat sore (12/6).

Sosialisasi dihadiri 39 pegawai. Sosialisasi berdasarkan surat edaran dari Menteri Hukum dan HAM tentang pelaksanaan P4GN di lingkungan Kemenkumham. Juga wujud implementasi Inpres Nomor 2 Tahun 2020.

Baca:

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Nunukan Kompol La Muati mengatakan, saat ini Indonesia sudah darurat narkoba. Daerah seperti Nunukan yang letak geografisnya berbatasan dengan Malaysia sering dimanfaatkan jaringan narkotika internasional.

Perwira berpangkat Kompol dalam sosialisasi Bahaya Laten Narkoba juga, melakukan pengenalan dasar narkoba, modus operandi penyelundupan narkotika di Indonesia, anatomi kejahatan narkotika, bahaya narkotika bagi kesehatan dan kehidupan, aspek hukum terhadap tindak kejahatan narkotika, dan penanganan penyalahguna narkotika melalui rehabilitasi.

“Jangan main-main dengan narkotika, karena jika sudah terjerat maka akan susah untuk keluar. Pintu kematian selalu terbuka lebar, bisa karena over dosis atau salah tolong bagi pecandu, dieksekusi aparat atau hukuman mati bagi pelaku tindak kejahatan narkotika, bahkan dieksekusi oleh temannya sendiri karena dianggap berhianat,” urai La Muati.

Baca: Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid. SE, MM, Perempuan Perkasa di Perbatasan RI Malaysia . (arung)