Pemerintah Tunda Pembahasan RUU HIP

Menko Polhukam Mahfud MD

Penundaan pembahasan Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP), yang menjadi pro dan kontra di tengah masyarakat.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Pemerintah memutuskan untuk menunda pembahasan Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP), yang menjadi pro dan kontra di tengah masyarakat.

Hal ini dikatakan sampaikan langsung disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD melalui akun Twitter pribadinya @mohmahfudmd, Selasa (16/06/2020).

Mahfud dalam cuitannya meminta kepada DPR untuk dapat lebih banyak menyerap aspirasi dari seluruh elemen masyarakat selama pembahasan ditunda.

“Terkait RUU HIP, Pemerintah menunda untuk membahasnya dan meminta DPR sebagai pengusul untuk lebih banyak berdialog dan menyerap aspirasi dulu dengan semua elemen masyarakat,” ujarnya.

Menurut Mahfud, penundaan itu dilakukan karena saat ini pemerintah masih fokus pada upaya penanganan COVID-19 di tanah air.

“Pemerintah masih lebih fokus dulu untuk menghadapi pandemi COVID-19. Menko Polhukam dan Menkum-HAM diminta menyampaikan ini,” lanjut Mahfud.

Sebelumnya, pembahasan RUU HIP yang dimotori PDIP menuai kritik dari banyak kelompok masyarakat dan fraksi di DPR. Sebab, RUU ini dinilai berpotensi mendegradasi Pancasila secara utuh.

Selain itu, RUU ini dikritik karena tidak memasukkan TAP MPRS XXV/1966 Tentang pembubaran PKI sebagai salah satu konsideran RUU HIP.

Leave a Reply