Kapolda Kaltara Harap Semua Desa Membentuk “Kampung Trengginas”

Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol Indrajit bersama Komandan Resort Militer 092 Maharajalila Brigjen TNI Suratno meresmikan Kampung Trengginas di Kabupaten Nunukan, Minggu 21 Juni 2020.

Membangun masyarakat tangguh dan mandiri menghadapi dampak pandemi Covid-19, Polres Nunukan membentuk Kampung Trengginas.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol Indrajit meresmikan dua Kampung Trengginas, Minggu (21/6). Kampung Trengginas adalah desa atau wilayah dengan masyarakat mandiri menghadapi bencana baik alam maupun non alam.

Peresmian kampung binaan Polres Nunukan di Kecamatan Nunukan dan Kecamatan Sebatik, dihadiri Komandan Resort Militer 092 Maharajalila Brigjen TNI Suratno.

Baca: Fase New Normal, Polres Bersama Kodim Nunukan Lakukan Pendisiplinan

Indrajit menjelaskan, “Kampung Trengginas” bertujuan untuk mencegah penyebaran dan memanggulangi dampak dampak Covid-19 secara  bottom-up (dari masyarakat bawah)  dengan taat pada protokol kesehatan.

Menurut Indrajit, pencegahan Covid-19 harusnya dimulai dari bawah. “Kampung Trengginas di Kabupaten Nunukan berada di Kecamatan Nunukan dan Kecamatan Sebatik. Saya harapkan masing-masing kabupaten/kota di Kaltara melakukan hal sama dalam pencegahan Covid-19,” kata Kapolda.

Baca: TNI-Polri di Nunukan Bersatu Jaga Kantibmas dan Edukasi Pencegahan COVID-19

Indrajit menekankan, kunci utama menghadapi Covid-19 adalah berprilaku disiplin. Semua masyarakat diminta mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, cuci tangan dan hindari berkumpul dalam kerumunan massa.

Sebab sambung Indrajit, masing-masing orang tidak tahu apakah terinfeksi Covid-19. “Kita semua tidak tahu sakit atau tidak, makanya disiplinlah menggunakan masker dan cuci tangan,” tegas Kapolda.

Baca: Iraw Adat Tidung Borneo Bersatu di Nunukan, Tokoh Tidung Ingin Jadikan Binusan Desa Wisata

Indrajit menambahkan, menurut agama apapun, menyebarkan penyakit ke orang lainnya adalah sebuah dosa. “Saya sendiri tidak tahu apakah sakit atau tidak, kalau saya menyebarkan penyakit rekan-rekan wartawan, berdosalah saya ini,” kata Indrajit.

Sebelum meresmikan dua Kampung Trengginas, Indrajit menggelar pertemuan singkat dengan beberapa tokoh- tokoh agama, tokoh adat, dan jajaran instansi di Markas Kodim Nunukan, Desa Binusan. Kapolda Indrajit juga menyerahkan bantuan kepada warga terdampak Covid-19. (#)