Pengendalian Covid-19, Wagub Sulsel: Aktivitas Jalan, Taati Protokol Kesehatan!

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman.

Pandemi Covid-19 tak hanya menginfeksi manusia, tetapi juga ekonomi. Karena itu, aktivitas jalan, tetapi penerapan protokol kesehatan harus tegas.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengatakan melarang total orang keluar rumah adalah hal impossible. Sebab pandemi Covid-19, tidak hanya menginfeksi manusia tetapi juga perekonomian.

Karena itu, menurut dia, di masa pandemi Covid-19 aktivitas jalan untuk menjaga ekonomi masyarakat, tetapi penerapan protokol kesehatan harus tegas.

Baca: Bertambah 112, Positif Corona di Sulsel Menjadi 3.685

Andi Sudirman mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, saat ini fokus menekan penyebaran Covid-19 sekaligus menjaga perekonomian di daerah itu tetap dalam kondisi stabil.

Dia juga mengatakan, Kota Makassar yang menjadi daerah episentrum penyebaran Covid-19 telah memberlakukan PSBB. Dua kali PSBB Kota Makassar lanjut dia, membuat ekonomi menurun.

Baca: Positif Corona 2.129, Pemkot Makassar Giatkan Pendisiplinan dan Penyemprotan Disinfektan

“Melarang orang keluar total itu impossible (mustahil) dan berdampak pada ekonomi masyarakat. Jadi kita harus tegas (terkait dengan penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi, red.),” katanya di Makassar, Sabtu (20/6).

Setelah Gubernur dan Wagub Sulsel, serta Penjabat Wali Kota Makassar berkoordinasi, disepakati untuk mempertegas penerapan protokol kesehatan di masyarakat guna menekan penularan virus corona jenis baru itu di daerah setempat.

“Kita memperketat protokol kesehatan. Salah satunya penggunaan masker, karena benteng pertahanan terakhir dan kemudian yang paling aman bagi setiap individu dan keluarganya,” ujarnya.

Baca: Kabar Buruk, 32 Tenaga Medis di Takalar Terinfeksi Virus Corona

Meski demikian, katanya, penegasan penerapan protokol kesehatan itu perlu dibarengi dengan tindakan preventif secara humanis.

Andi Sudirman juga mengajak masyarakat ikut mendukung upaya pemerintah terkait penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi virus.

“Ingatkan jika keluar rumah, adalah penting dan pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan,” ujar Andi Sudirman.

Pemerintah, kata dia, tidak bisa mengatasi pandemi Covid-19 tanpa dukungan masyarakat. (#)

TEKAN INI: PERATURAN WALI KOTA MAKASSAR NO.31 TAHUN 2020 TENTANG PRTOKOL KESEHATAN KOTA MAKASSAR