Tiga Sektor Ini Bawa Sulsel Juara 3 Inovasi New Normal Klaster Provinsi

Sulawesi Selatan juara tiga klaster provinsi pada kompetisi inovasi kesiapan tanan normal baru produktif dan aman COVID-19. Kota Parapare juga juara 3 klaster kota.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Penambahan kasus baru positif Sulawesi Selatan berhenti berinovasi. Terbukti, Sulsel meraih tiga predikat juara Inovasi Daerah dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kompetisi yang digelar Kementerian Dalam Negeri itu, diikuti seluruh pemerintah provinsi dan kabupaten/kota.

Di klaster provinsi, Jawa Tengah Juara 1, Jawa Timur juara 2, dan Sulawesi Selatan juara 3. Klaster kota, masing-masing Semarang, Bogor, Parepare (Sulsel). Klaster kabupaten masing-masing Sintang, Gunung Kidul, Trenggalek. Klaster kabupaten tertinggal masing-masing Sigi, Rote Ndao, Seram Bagian Barat.

Ada tujuh sektor yang dilombakan. Yakni Pasar Tradisional, Sektor Mal, Sektor Transportasi, Sektor Restoran, Sektor Hotel, Sektor PTSP, dan Sektor Tempat Wisata.

Dari 7 kategori lomba, ada tiga sektor yang membawa Pemprov Sulsel juara tiga. Yakni, Pasar Tradisional juara 2, sektor Hotel juara 3, sektor Tempat Wisata juara 3.

Sektor Pasar Tradisional, inovasi yang dilakukan Pemprov Sulsel adalah “BARUGA PASAR: Protokol Kesehatan Berbasis Teknologi Non-Tunai di Pasar Tradisional di Sulawesi Selatan”. Kemudian, sektor Hotel, inovasi berupa program “Wisata Covid-19”. Dan sektor Objek Wisata berupa “SulSel in Our Hand” atau “South Sulawesi in Our Hand” (SulSel dalam Genggaman): New Normal Inovasi Berbasis Aplikasi dan Barcode di Destinasi Wisata.

Baca:

Keberhasilan tim inovasi meraih tiga penghargaan di tengah kasus baru positif terus bertambah diapresiasi Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. “Alhamdulillah Provinsi Sulawesi Selatan meraih juara dalam lomba tingkat nasional ini,” ujarnya dalam pernyataan tertulis kemarin.

Andi Sudirman bilang. “Sebuah kebanggaan berada bersama Tim Pemprov meski di tengah persoalan pandemi yang masih rumit, tapi tidak menghalangi semangat teman-teman dinas provinsi untuk berprestasi dan berinovasi,” tuturnya.

Pemenang lomba ini diumumkan di Sasana Bhakti Praja Gedung C Kemendagri, Jakarta, kemarin.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan, lomba inovasi daerah tersebut sebagai langkah untuk mempersiapkan Indonesia menyongsong tatanan normal baru. “Sebagai apresiasi, pemerintah pusat memberikan hadiah berupa dana insentif daerah (DID) dengan total Rp168 miliar kepada pemenang,” kata Tito.

Baca: Penanganan Pasien Covid-19 di Luwu Timur Terkesan Kurang Dipedulikan

Mantan Kapolri itu, mengatakan lomba dilakukan dengan membuat video durasi maksimal dua menit yang menggambarkan protokol kesehatan dan simulasi di sektor yang dipertandingkan.

Lomba ini telah dimulai sejak 29 Mei 2020. Di masa penutupan setidaknya 2.517 video dari pemda yang diikutkan pada lomba. Dari video-video tersebut akhirnya diputuskan 84 pemda memenangkan lomba adaptasi normal baru.

Untuk pemenang pertama setiap kategori dan setiap kluster daerah diberikan DID sebesar Rp3 miliar. Pemenang kedua Rp2 miliar dan pemenang ketiga Rp1 miliar.

Video pemenang lanjut Tito, akan disosialisasikan ke publik melalui media massa dan media sosial sehingga dapat menjadi model untuk ditiru pemda lain. (#)

2 thoughts on “Tiga Sektor Ini Bawa Sulsel Juara 3 Inovasi New Normal Klaster Provinsi

  1. Pingback: Bertambah 154, Total Positif COVID-19 di Sulsel Sudah 4.062 | Newsurban

  2. Pingback: Kapolres Bulukumba Terjangkit Virus Corona, Bupati Sukri Sappewali Isolasi Mandiri | Newsurban

Leave a Reply