Perindo, Partai Pertama Dukung Hidayat Maju Pilkada Kota Palu

Hidayat bersama Sigit Purnomo Said alias Pasha Ungu memenangkan Pilkada Kota Palu 2015 lalu.

Partai Perindo resmi memberikan dukungan untuk Hidayat di Pilkada Kota Palu 2020. Dukungan itu menjadi amunisi pertama bagi petahana untuk bergerak.

PALU, NEWSURBAN.ID – Ketua DPW Partai Perindo Sulteng Clemens Efraim Musa mengatakan, dukungan Perindo untuk Hidayat telah diteken Sekretaris Jenderal Partai Perindo Ahmad Rofiq di Jakarta, 22 Juni 2020.

Menurut Clemens, dukungan itu diberikan tidak serta merta. Sebelumnya ada kajian mendalam dan komunikasi yang panjang.

Baca: Hidayat Jomblo Ditinggal Pasha Ungu, Ini Calon Pendampingnya

Clemens, suara dukungan untuk Hidayat sudah melalui berbagai tingkatan. Mulai dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) hingga Dewan Pimpinan Wilayah (DPW).

“Hari ini kami serahkan SK B/1/KWK ke Pak Wali Kota Palu Hidayat yang hari ini resmi diserahkan Sekjen langsung,” ujarnya di Jakarta.

Perolehan Kursi Parpol di DPRD Palu 
(2019-2024)
1. Gerindra 6
2. Golkar 5
3. Nasdem 4
4. PKS 4
5. Hanura 4
6. PDIP 3
7. PKB 3
8. Demokrat 3
9. PAN 2
10. Perindo 1

Clemens menjelaskan alasan Perindo memberi dukungan itu, lantaran Hidayat dinilai sebagai pemimpin yang mampu menyerap aspirasi masyarakat khususnya di Kota Palu.

“Beliau ini adalah pemimpin di tengah badai, karena beliau memerintah kita tahu September 2018 Palu digoncang bencana luar biasa namun sebagai pemimpin sangat apresiasi, karena satu tahun setelah itu ekonomi pulih dan infrastruktur baik. Bahkan sekarang tak kelihatan Palu habis diporakporandakan,” ujarnya.

Baca: Pilgub Sulteng Diprediksi Tak Lebih Tiga Pasang Kontestan

Clemens memastikan, Perindo Sulteng akan turun secara maksimal demi sukseskan Hidayat, agar kembali terpilih sebagai orang nomor satu di kota itu.

“Kami turun full sampaikan ke masyarakat bahwa program pembangunan, Hidayat betulbetul sentuh masyarakat, ada hasil pencapaian beliau, industri baik. Kami juga maksimal gunakan struktur partai untuk dukung beliau,” paparnya.

Hidayat mengapresiasi dukungan dari partai besutan Hary Tanoesoedibjo tersebut. Menurutnya, Perindo adalah partai pertama yang memberikan sikap politik dalam eskalasi pilkada di Palu. “Saya kira Perindo yang pertama bahkan sejak Maret sudah keluarkan keputusan untuk bersama-sama saya maju kembali dalam membangun Kota Palu,” ujar Hidayat.

Baca: Launching Pilwali Palu 2020, Masyarakat Diharap Mengawal dan Berpartisipasi

Dia menekankan, Perindo dan dirinya sama-sama memiliki konsentrasi yang sama dalam membangun Kota Palu, yakni memajukan perekonomian kerakyatan. “Saya kira memang selama ini saya lihat pergerakan Perindo hampir sama dengan apa yang selama ini saya lakukan sebagai Wali Kota Palu, lebih tajam kepada pengembangan ekonomi kerakyatan,” tandasnya.

Pada Pilkada 2015, Hidayat berpasangan Sigit Purnomo Said (Pasha Ungu) berhasil menjadi pemenang dengan meraih 54.915 suara atau 39,79 persen suara dari total DPT. Tapi, untuk Pilkada 2020, Hidayat berpisah dengan Pasha lantaran vokalis band ungu itu memilih berduet dengan Anwar Hafid di Pilgub Sulawesi Tengah.

Lalu siapa calon pasangan Hidayat? Masih dinamis. Hingga kini Hidayat belum pernah mengumumkan secara terbuka. (#)