Jokowi Singgung Resufle Kabinet, Pembubaran Lembaga, dan Anggaran Kesehatan

Presiden Joko Widodo

Video Presiden Joko Widodo marah-marah  menyinggung reshuffle, pembubaran lembaga, dan anggaran kesehatan, dipublikasikan Sekretariat Presiden, Minggu 28 Juni 2020.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID – Dalam video yang dipublikasikan Sekretariat Presiden, Jokowi marah-marah dan menyindir para Menteri di Kabinet Indonesia Maju saat sidang kabinet paripurna pada 18 Juni 2020.

Jokowi juga menyindir anggaran kesehatan yang masih sangat kecil digunakan di saat negara sedang krisis seperti saat ini. Belanja Kementerian pun diminta untuk dipercepat untuk menangani pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

“Saya peringatkan belanja-belanja di Kementerian saya lihat di laporan masih biasa-biasa saja. Segera keluarkan belanja itu secepat-cepatnya. Kalau ada hambatan keluarkan peraturan menterinya agar cepat. Kalau perlu Perpres saya keluarkan perpresnya,” kata Jokowi dikutip Senin 29 Juni 2020.

Baca:

Presiden Jokowi Tegaskan Belum Ada 
Kebijakan Pelonggaran PSBB

192 Kasus Baru, Positif COVID-19 
di Sulawesi Selatan Menjadi 4.807

Pj Walikota Makassar Akan Terapkan 
Wajib SK Tanda Bebas COVID-19

2.751 Kasus Positif Covid-19, 
Pertaruhan Jabatan Pj Walikota Makassar

Untuk pemulihan ekonomi nasional di bidang kesehatan, Jokowi menyebut sudah dianggarkan sebesar Rp75 triliun, namun baru dikeluarkan 1,53 persen.

“Uang beredar di masyarakat ke-rem ke situ semua. Segara itu dikeluarkan dengan penggunaan-penggunaan yang tepat sasaran. Sehingga men-trigger ekonomi,” kata Kepala Negara.

Dalam video itu Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto tertangkap kamera saat Kepala Negara menyebut anggaran kesehatan Rp75 triliun namun baru keluar 1,53 persen. Terawan yang menggunakan masker dan batik berkelir cokelat itu tampak manggut-manggut alias sedikit mengangguk saat mendengar pernyataan Kepala Negara itu.

“Pembayaran tunjangan untuk dokter, dokter spesialis, untuk tenaga medis, segera keluarkan. Belanja-belanja untuk peralatan segera keluarkan. Ini sudah disediakan Rp 75 triliun,” tegas Jokowi lagi dengan nada sedikit meninggi.

Akibat pidato Presiden di sidang kabinet paripurna itu, Terawan menjadi salah satu yang bertengger di trending topic di media sosial Twiter. (#)

2 thoughts on “Jokowi Singgung Resufle Kabinet, Pembubaran Lembaga, dan Anggaran Kesehatan

  1. Pingback: 57.770 Positif Covid-19 di Indonesia, Sulsel Tambah 130 Menjadi 5.214 Kasus | Newsurban

  2. Pingback: Mayoritas Masyarakat Tidak Puas Kinerja Pemerintah Tangani COVID-19 | Newsurban

Leave a Reply