BNK Gelar Tes Urine di KPU dan Bawaslu Luwu Timur

BNK Luwu Timur gelar tes urine di KPU dan Bawaslu Luwu Timur

Kedua instansi yakni KPU dan Bawaslu Daerah Luwu Timur, yang memang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Tujuan diadakannya tes urine ini adalah sebagai upaya pencegahan secara dini terhadap bahaya Narkoba.

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID — Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Luwu Timur terus melakukan upaya untuk mengantisipasi maraknya penyalahgunaan dan perederan gelap narkoba di kabupaten luwu timur. Salah satunya dengan melakukan tes urine kepada segenap jajaran Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Luwu Timur, Kamis (2/7/2020).

Ketua BNK Luwu Timur, Irwan Bachri Syam mengungkapkan sampai saat ini sudah 2 instansi yang telah di tes urine. Kedua instansi yakni KPU dan Bawaslu Daerah Luwu Timur, yang memang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Tujuan diadakannya tes urine ini adalah sebagai upaya pencegahan secara dini terhadap bahaya Narkoba.

“Tes urine merupakan salah satu cara untuk mendeteksi secara dini apakah yang bersangkutan terlibat atau tidak dalam pengunaan Narkoba. Bila nantinya ada yang ditemukan positif mengkonsumsi Narkoba. Maka kita dapat melakukan pembinaan dengan melakukan assesment maupun rehabilitasi. Sehingga nantinya ini bisa pulih dan dapat hidup normal sebagaimana mestinya tanpa ketergantungan dengan Narkoba. Kemudian kita juga mengucapkan terima kasih atas peran dan kerja sama dari pihak Satres Narkoba Polres Luwu Timur dan Dinas Kesehatan terkait kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar,” urainya.

Sementara itu Pengelola Bidang Hukum dan Pencegahan BNK Luwu Timur, Hamdan Basri menambahkan bahwa program tes urine ini untuk menjaga semangat Hari Anti Narkotika Internasional. Sekaligus ingin mengambil peran menciptakan Pemilu Yang berkualitas. Kita ingin andil untuk menciptakan pemilu yang berkualitas.

“Salah indikator kualitas pemilu bisa di lihat dari integritas penyelanggara dan pengawas pemilu tersebut. Dan salah satunya harus bebas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Hasil dari tes urin hari ini akan kita serahkan ke KPU dan Bawaslu,” ujaranya.

Lanjut Hamdan, BNK juga sudah merencanakan melakukan tes urine kepada pelajar dan pegawai SKPD lainnya.

“Untuk itu diperlukan komitmen bersama dari berbagai pihak seperti pihak sekolah dan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur, dalam membantu pencegahan dan pemberantasan narkoba,” tuturnya.

Leave a Reply