Pemprov Sulsel Gratiskan Rapid Tes Mulai 7 Juli

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah.

Penerapan wajib surat keterangan bebas Covid-19 didahului dengan kebijakan rapid test gratis. Rapid test gratis akan disiapkan di sejumlah titik mulai Senin, 7 Juli 2020.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menggagas rapid test gratis untuk mempercepat penanganan Covid-19.

Program ini akan membantu warga masyarakat yang hendak bepergian, khususnya mereka yang melakukan perjalanan antar kota dan provinsi.

Baca: 60.695 Positif Covid-19 di Indonesia, Penambahan Tertinggi Jatim dan Sulsel

Program ini untuk mendukung penerapan wajib surat keterangan bebas Covid-19 bagi pelaku perjalanan.

Nurdin Abdullah mengatakan, program ini diijadwalkan dilaunching, Senin 6 Juli 2020. “Saya sampaikan, karena sekarang ini yang menjadi persoalan masyarakat mau pergi dan harus rapid,” kata Nurdin di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jumat (3/7).

Baca: Mayoritas Masyarakat Tidak Puas Kinerja Pemerintah Tangani COVID-19

Lokasi pemeriksaan akan dilakukan di dua lokasi yakni Aula Balai Kartini jalan Masjid Raya dan di Aula Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel Jalan Perintis Kemerdekaan.

“Ini kita gratiskan bagi yang mau berangkat, kebetulankan keterangan itu sudah mulai kita gunakan,” tambahnya.

Baca: Pj Walikota Makassar Akan Terapkan Wajib SK Tanda Bebas COVID-19

Hal ini dilakukan sebagai upaya Pemerintah Sulsel hadir untuk warganya. “Supaya tidak ada lagi orang yang mau berangkat lebih mahal biaya Swabnya daripada harga tiketnya,” imbuh Nurdin Abdullah.

Sistem pemeriksaan pemeriksaan dibangun untuk menghindari kerumunan dan bergerombol, termasuk alternatif mendaftar secara online.

Baca: Legislator Penjamin Pengambil Jenazah Covid-19 Dipanggil Polda Sulsel

Hal ini juga sekaligus sebagai upaya aktif pemerintah mencari dan menemukan warganya yang terpapar Covid-19. Sulsel menjadi salah satu dari lima provinsi dengan kasus terbanyak.

“Maka saya ingin katakan, jangan kita lihat kasus perhari tapi kita lihat tingkat kesembuhan, terus tingkat penularan. Kalau tingkat penularan itu kita terus melandai. Kenapa setiap hari naik terus (angkanya)? Itu karena tracking, kedua kapasitas laboratorium kita. Jadi sekarang ini kita itu ada tujuh lab dengan kapasitas spesimen itu sampai 2000 per hari,” kata Nurdin Abdullah.

Baca: Warga Lima Kecamatan Tanyakan Bansos dan Perbaikan Infrastruktur

Mereka yang terkonfirmasi positif akan dilakukan penanganan tempat perawatan, gizi yang baik, vitamin yang bagus sehingga mereka lebih cepat sembuh.

Pada 3 Juli juga dilaporkan kasus baru 180 dan kasus sembuh bertambah 41 orang. Sehingga total kasus positif di Sulsel menjadi 5.565. Dari angka itu, yang sudah sembuh 1.802 (32.4%), meninggal 184 (3.3%), 3.579 orang masih dirawat (2.672 isolasi mandiri, 907 di rumah sakit). (*)

One thought on “Pemprov Sulsel Gratiskan Rapid Tes Mulai 7 Juli

  1. Pingback: Pengakuan Pasien: Jus C-19 Suplemen Makassar yang Manjur Membunuh Covid-19 | Newsurban

Leave a Reply