KAL Talise Tambah Kekuatan Lanal Palu Hadapi Ancaman

Walikota Palu Hidayat memimpin upacara peresmian KAL Talise 11-6-65 di Pangkalan TNI Angkatan Laut Palu, Senin, 6 Juli 2020. (humas)

KAL Talise 11-6-65 lego jangkar di Pangkalan TNI Angkatan Laut Palu. Kapal pengganti KAL Pulau Pasoso tersebut menambah kekuatan Lanal Palu menghadapi ancaman.

PALU, NEWSURBAN.ID – KAL Talise buatan PT Palindo Marine Batam tersebut merupakan kapal patroli cepat pengganti KAL Pulau Pasoso yang rusak parah akibat diterjang tsunami saat bencana alam yang terjadi di kota Palu, Kabupaten Sigi, dan Donggala pada 28 September 2018 silam.

“Sebelumnya kita sudah pernah dapat KAL Pulau Pasoso, namun karena bencana 2018 lalu, kita diberikan yang baru lagi oleh angkatan laut,” ucap Komandan Lanal Palu, Kolonel Laut (P) Rahadian Rahmadi.

Baca: 51 Pengurus Korpri Kota Palu Dilantik, Sekkot Minta Netral di Pilkada 2020

Menurutnya, KAL Talise akan difungsikan untuk mendukung tugas-tugas Lanal Palu dalam hal pengamanan laut dari ancaman gangguan maupun hambatan yang ada di wilayah kerja mereka yaitu di sejumlah wilayah Sulawesi Tengah.

Kelebihan KAL Talise dibanding KAL Pulau Pasoso, kata Rahadian terletak pada perubahan bentuk kapal yang ruang-ruangannya dibuat semakin efektif sehingga dapat difungsikan oleh anak buah kapal agar akomodasinya bisa digunakan.

“Kapal ini dilengkapi dengan senjata Kaliber 20 mm dan 12,7 mm terletak di depan dan belakang. Itu akan digunakan apabila memang diperlukan untuk mengadakan perlawanan,” katanya.

Baca: Kematian Akibat Covid-19 di Indonesia Lampaui Rata-rata Dunia

Rahadian mengatakan penamaan KAL Talise diambil dari nama pantai yang ada di Kota Palu yaitu Pantai Talise.

Dengan adanya kapal tersebut, kini Lanal Palu memiliki satu KAL dan tiga unit Patkamla yang tersebar di setiap pos-pos yang ada di wilayah kerja Lanal Palu seperti Ampana, Luwuk, dan Parigi Moutong.

Dalam peresmian KAL Talise ini, Walikota Hidayat didampingi Staf Ahli Bidang Sosial Budaya Usman, serta dihadiri Kapolres Palu, AKBP Mochammad Sholeh, Dandim 1306/Dgl, Letkol Inf Hery Bambang Wahyudi. (humas/yusuf)

Leave a Reply