Demokrat – PKS Sepakat Koalisi 30 Daerah Gelar Pilkada 2020

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin iskandar (kiri) menyambut kedatangan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (kanan) yang berkunjung ke kantor DPP PKB, Jakarta, Rabu (8/7/2020).

Pilkada serentak 2020 akan diselenggarakan di 270 wilayah di Indonesia. Jumlah tersebut terdiri dari pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pemilihan wali kota dan wakil wali kota, serta bupati dan wakil bupati.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menemui Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar.

Pertemuan keduanya membahas masalah koalisi di Pilkada serentak 9 Desember 2020 secara serentak.

Muhaimin Iskandar mengatakan, telah terjadi kesepakatan dengan Partai Demokrat, bahwa PKB akan berkoalisi di 30 daerah.

Baca juga: Gerindra, PKS, Demokrat Pertanyakan Dewan Pengawas KPK

“Tadi dihitung sudah 30-an dengan Demokrat,” ujarnya di Kantor DPP PKB, Jalan Raden Saleh, Jakarta, Rabu (08/07/2020).

Sementara AHY menuturkan, dirinya menyambut baik koalisi dua partai ini. Daerah-daerah yang belum menjalin koalisi dengan PKB akan terus dilakukan pembahasan terkait Pilkada serentak ini.

Baca juga: AHY Terpilih Aklamasi, SBY: Demokrat Cerah Sosok Pemimpin Baru

“Mudah-mudahan melalui ajang Pilkada serentak 2020 ini kebersamaan di sejumlah daerah bisa jadi awal yang baik untuk semakin dekatnya dua partai ini,” kata AHY.

Diketahui, Pilkada serentak 2020 akan diselenggarakan di 270 wilayah di Indonesia. Jumlah tersebut terdiri dari pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pemilihan wali kota dan wakil wali kota, serta bupati dan wakil bupati.

Baca juga: 270 Daerah Gelar Pilkada Serentak 2020

Adapun pemilihan gubernur dan wakil gubernur berlangsung di sembilan provinsi. Yakni Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Tengah.

Sementara pemilihan wali kota dan wakil wali kota akan dilaksanakan di 37 kota yang tersebar di 32 provinsi. Sedangkan pemilihan bupati dan wakil bupati bakal digelar di 224 kabupaten. (*)

Leave a Reply