Pemerintah Putuskan Tidak Selenggarakan Sholat Idul Adha di Masjid Istiqlal

Pemerintah memutuskan tidak melaksanakan sholat Iduladha di Masjid Istiqlal walau rekonstruksi Masjid Istiqlal sudah 98% rampung. Why?

JAKARTA, NEWSURBAN.ID – Pemerintah memutuskan untuk sementara meniadakan penyelenggaraan Sholat Idul Adha 2020 di Masjid Istiqlal dengan berbagai pertimbangan. Kondisi Masjid Istiqlal masih dalam tahap renovasi besar-besaran.

Menurut Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, saat ini proses rekonstruksi Masjid Istiqlal sudah 98% rampung.

Baca: Salat Idul Adha di Masjid dan Lapangan Boleh, Ini Syaratnya

Namun demikian, Nasaruddin menilai masih ada beberapa bagian terutama di pintu masuk utama masjid belum bisa digunakan untuk menampung jumlah jemaah yang banyak pada saat penyelenggaraan salat Iduladha, dua pekan ke depan.

Jika dipaksakan katanya pasti akan berdesak-desakan dan secara teknis jemaah harus antre untuk dites suhu badan sebelum masuk masjid, diperkirakan 3-4 jam sebelumnya.

Baca: Arab Saudi Catat 3.717 Kasus Baru Positif Corona, Tutup Masjid Berlakukan Jam Malam

“Jadi kita harus mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan masyarakat. Aspek lain menyangkut lingkungan yang belum memungkinkan menampung jamaah dalam jumlah besar,” katanya.

“Oleh karena itu masyarakat diharapkan dapat melaksanakan salat Iduladha di masjid-masjid lain dengan tetap memperhatikan betul protokol kesehatan,” imbuhnya. (*)

Leave a Reply