Di Munaslub Tommy Soeharto Dilengserkan dari Partai Berkarya

Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto

Munaslub Tommy Soeharto diganti oleh Mayor Jenderal (Purn) Muchdi Purwoprandono. Sedangkan kedudukan Sekretaris Jenderal Priyo Budi Santoso digantikan oleh Andi Picunang.

JAKARTA, NEWSURBAN. ID — Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto dilengserkan menjadi ketua Partai Berkarya dalam Musyawarah Luar Biasa (Munaslub), Sabtu (11/07/2020).

Munaslub Tommy Soeharto diganti oleh Mayor Jenderal (Purn) Muchdi Purwoprandono. Sedangkan kedudukan Sekretaris Jenderal Priyo Budi Santoso digantikan oleh Andi Picunang.

“Dalam Munaslub ini, Bapak Mayjen Muchdi PR, purnawirawan Angkatan Darat (AD) sebagai ketum Berkarya periode 2020-2025,” kata Andi Picunang dalam konferensi pers daring yang digelar di Jakarta, Sabtu (11/07/2020).

Selain mengganti kedudukan putra Presiden Kedua Soeharto, hasil Munaslub ini, kata Picunang, menyepakati pergantian nama partai, warna dasar, dan program kerja lima tahun ke depan.

Untuk penggantian nama partai, peserta Munaslub setuju mengganti dari Berkarya menjadi Partai Beringin Karya (Berkarya). Sementara warna dasar partai, kader yang mengatasnamakan Presidium Penyelamat Partai Berkaryadari mengubah warna kuning menjadi putih.

Adapun sejumlah program yang akan dijalankan hingga lima tahun ke depan, menurutnya akan dibahas dalam rapat kerja nasional (rakernas) partai.

“Akan segera ditindaklanjut dalam rakernas beberapa bulan ke depan setelah mendapat pengakuan dari pemerintah, dalam hal ini SK [surat keputusan] Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM),” ucapnya.

Ia menuturkan keputusan Munaslub akan dilanjutkan dengan pembentukan tim formateur. Tim tersebut, menurut dia ditugaskan membentuk kepengurusan partai dalam waktu 1×24 jam.

Setelah terbentuk, kepengurusan partai pasca-munaslub akan dijadikan notaris anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai sebelum diserahkan ke Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (HAM) agar mendapat pengakuan dari pemerintah.