Pemberontak Serang Pangkalan Udara Terbesar Rusia di Suriah

Kelompok jihad pemberontak Suriah yang bermarkas di Latakia-Idblid terus melancarkan serangan sporadis ke pangkalan udara Rusia di Suriah.

SURIAH, NEWSURBAN.ID – Untuk kedua kalinya dalam 40 hari terakhir, kelompok pemberontak jihad berusaha menyerang pangkalan udara Rusia terbesar di Suriah.

Dilansir AMN Al Masdar News, Minggu (12/7) waktu setempat, dari kota Jableh, pemberontak jihad menembakkan beberapa drone rudal dari Latakia-Idlib.

Laporan itu mengatakan gabungan pertahanan udara Rusia-Suriah mampu mencegat semua rudal jihad sebelum mereka bisa menerbangkan Hmeimim Airbase dari kota pesisir Jableh di kegubernuran Latakia.

Sebuah sumber dari Tentara Arab Suriah (SAA) mengatakan, pesawat tak berawak jihad juga hancur selama serangan itu.

Angkatan bersenjata Rusia dan Suriah belum menanggapi serangan terakhir yang dilancarkan pemberontak jihad. Namun, mereka biasanya melakukan serangan balasan pada hari berikutnya.

Pemberontak jihad telah melancarkan serangan sporadis sepanjang tahun di Hmeimim Airbase. Serangan-serangan sporadis itu sangat mengecewakan Angkatan Bersenjata Rusia, yang telah memantau gencatan senjata dengan kelompok Turki di Suriah barat laut.

Terlepas dari jaminan Turki tentang pembubaran kelompok-kelompok jihad, mereka gagal mengusir para militan ini dari beberapa daerah di seluruh Suriah barat laut. (*)

Leave a Reply