Banjir di Luwu Utara, Puluhan Warga di Evakuasi

Banjir Luwu Utara (int)

Sebanyak 19 Kepala Keluarga (KK) atau 99 jiwa dievakuasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara ke gedung Olahraga.

LUWU UTARA, NEWSURBAN.ID — Hujan deras yang mengguyur Kecamatan Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, sampai hari ini Senin (13/07/2020), mengkibatkan sungai Masamba meluap.

Luapan sungai tersebut meredam pemukiman warga di Kelurahan Bone Tua. Sebanyak 19 Kepala Keluarga (KK) atau 99 jiwa dievakuasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara ke gedung Olahraga.

“Warga mengungsi menyelamatkan diri masing-masing akibat banjir, dan ada 19 KK dievakuasi BPBD ke gedung olah raga terdiri dari orang tua dan anak-anak,” kata Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Luwu Utara, Muslim Muchtar di lokasi, Senin (13/07/2020).

Baca juga: Sungai Masamba Meluap, Luwu Utara Diterjang Banjir Bandang 

Menurutnya, banjir bandang yang melanda Masamba merendam ratusan rumah warga, pusat perekonomian seperti pasar, bank, perkantoran, jalan trans sulawesi dan fasilitas umum lainnya.

“Saat ini BPBD tengah melakukan asesmen di lokasi untuk mendata jumlah rumah dan kondisi serta kerugian akibat banjir. Sejumlah perabot rumah tangga dan barang elektronik warga banyak yang rusak terendam banjir,” ucap Muslim.

Dalam kejadian ini, seorang warga dievakuasi dengan menggunakan alat berat (Ekscavator) yang berupaya menyelamatkan diri dengan bertahan di batang pohon.

Baca juga: BMKG Imbau Masyarakat Luwu Utara Waspadai Iklim Ekstrim

“Satu warga dievakuasi menggunakan alat berat di tengah derasnya arus banjir. Memang sejak banjir pertama ada alat berat yang disiapkan untuk melakukan penanganan,” ujar Muslim.

Pasca banjir Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui BPBD, Dinas PUPR dan Basarnas mengevakuasi warga di sejumlah titik. (*)

Leave a Reply