Presiden Instruksikan Kepala Daerah Massif Jalankan 3 T Untuk Tekan Penularan Covid-19

Presiden Joko Widodo memimpin rapat kabinet terbatas percepatan penanganan Covid-19, Senin 13 Juli di Jakarta.

Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada seluruh kepala daerah untuk gencar menjalankan testing, tracing, dan treatment untuk menekan penularan corona virus disease 2019 (Covid-19).

JAKARTA, NEWSURBAN.ID – Presiden Joko Widodo meminta para jajarannya dan kepala daerah untuk melaksanakan tiga instruksi untuk menekan penyebaran Covid-19 yang terus meningkat.

Tiga poin instruksi Presiden itu adalah memprioritaskan pengujian sampel, pengambilan tindakan secara cepat, hingga pelacakan.

Baca: Positif Covid-19 Bertambah Jadi 75.699, Jatim Tertinggi Sulsel Ketiga

Instruksi itu dikelauarkan mengingat kasus positif masih sangat tinggi. Bahkan sempat menyentuh penambahan 2.657 yang positif, beberapa hari lalu.

“Ada tiga hal yang ingin saya sampaikan yaitu tetap pada concern kita untuk memasifkan 3 T. Testing, tracing dan treatment dengan prioritas khusus,” kata Presiden Jokowi, dalam pembukaan rapat kabinet terbatas pada Senin 13 Juli 2020.

Baca: Pasien Sembuh di Sulsel 2.759, Seluruh Indonesia 35.638 Orang

Presiden memerintahkan itu, mengingat lonjakan kasus belakangan ini masih terus meningkat.

Bahkan saat kasus tembus 2.657 positif, Jokowi menyebut sebagai lampu merah buat semua pihak. Pelonjakan itu terjadi, setelah ditemukannya ribuan kasus positif di asrama Secapa TNI AD, Bandung, Jawa Barat.

Baca: Perwali 36 Berlaku Hari Ini, 7.950 Personil Gabungan Jaga Delapan Pos Perbatasan Makassar

“Untuk tes harus ditingkatkan jumlah PCR test dengan menambah jumlah laboratorium-laboratorium di daerah plus mobil lab PCR, yang kita harapkan nantinya target yang kita harapkan, target yang saya sampaikan bisa tercapai yaitu 30 ribu dan tracing penelusuran ODP dan PDP,” jelas Jokowi.

Jokowi selaku Kepala Negara memberi perhatian terhadap delapan provinsi yang benar-benar perlu menerapkan ini. Di antaranya DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan.

Baca: Rapid Test Massal Kembali Dilakukan Pemkab Gowa

Presiden juga meminta fasilitas di rumah sakit ditingkatkan.

“Kamar isolasi ini juga masih memerlukan tambahan untuk provinsi-provinsi yang saya sebut. Kalau memang kekurangan agar Kementerian Kesehatan bisa menyampaikan ke menteri PUPR untuk segera diselesaikan,” kata Presiden. (#)

2 thoughts on “Presiden Instruksikan Kepala Daerah Massif Jalankan 3 T Untuk Tekan Penularan Covid-19

  1. Pingback: Positif Covid-19 di Indonesia Bertambah 1.591, Sulsel Naik 197 | Newsurban

  2. Pingback: Jokowi Minta Penanganan Covid-19 Dijadikan Model Percepatan Pengurangan TBC | Newsurban

Leave a Reply