Relawan Luwu Timur Bangun Sarana Air Bersih di Pengungsian Korban Banjir Luwu Utara

Pembangunan Sarana air bersih di Desa Meli Kecamatan Baebunta, Luwu Utara, Minggu (19/07/2020).

Di kawasan pengungsian ini terdapat ratusan kepala keluarga yang mengungsi, yang hingga kini hanya mendiami tenda-tenda yang terbuat dari terpal plastik seadanya.

LUWU UTARA, NEWSURBAN.ID — Relawan Luwu Timur kini membangun sarana kebutuhan air bersih bagi masyarakat melakukan pengungsian korban banjir bandang di Luwu Utara. Pembangunan air bersih di daerah pengungsian tepatnya, Desa Meli, Kecamatan Baebunta, Luwu Utara.

Suaib Laibe Koordinator Jaringan Relawan Luwu Timur, mengatakan pembangunan sarana air bersih ini sangat penting dan menjadi prioritas bagi para pengungsi. Menurutnya, air bersih ini merupakan kebutuhan vital yang harus dipenuhi di kawasan pengungsian.

“Makanya kita prioritaskan pembangunan sarana air bersih ini merupakan kebutuhan yang sangat vital yang tidak bisa ditunda-tunda,” tegasnya, Minggu (19/07/2020).

Baca juga: Wagub Andi Sudirman Beri Semangat Korban Banjir Luwu Utara

Kebutuhan air bersih, kata aktivis kemanusiaan ini adalah kebutuhan dasar yang sangat penting dihadirkan. “Sebab, jika kebutuhan air bersih para pengungsi tidak segera dipenuhi justeru bisa menjadi sumber masalah baru, bisa menjadi penyebab penyakit bagi para pengungsi,” tanda pegiat SAR Mapala Perguruan Tinghi Muhammadiyah Indonesia ini.

Sementara ini, Koordinatir Relawan Masjid Agung Malili, Fikri SulthanLandau mengungkapkan, selain jaringan air bersih, pihaknya yg berkolaborasi dengan Jaringan Relawan Luwu Timur juga akan mendirikan MCK dan muahollah darurat di camp pengungsian ini.

Baca juga: Sungai Masamba Meluap, Luwu Utara Diterjang Banjir Bandang 

Diketahui, jaringan air bersih yang dialirkan melalui bentangan pipa sepanjang 700 meter ini dan dibantu sebuah mesin pengisap menggunakan generator. Ini merupakan fasilitas air bersih pertama yg terbangun di camp pengungsian ini.

Fasilitas air bersih ini didirikan berkat donasi dari Relawan Masjid Agung Malili – Luwu Timur, berkolabarasi dengan Jaringan Relawan Luwu Timur yang sudah berada di Luwu Utara sejak hari pertama banjir bandang memporak porandakan daerah berjuluk Bumi Lamaranginang ini.

Baca juga: Gubernur NA Bersama Kepala BNPB Tinjau Lokasi Banjir Bandang Luwu Utara dari Udara

Di kawasan pengungsian ini terdapat ratusan kepala keluarga yang mengungsi, yang hingga kini hanya mendiami tenda-tenda yang terbuat dari terpal plastik seadanya.

One thought on “Relawan Luwu Timur Bangun Sarana Air Bersih di Pengungsian Korban Banjir Luwu Utara

  1. Pingback: Kompala Unifa Ajak Anak Korban Banjir Bandang Luwu Utara Menggambar dan Mewarnai | Newsurban

Leave a Reply