Kasus Baru Positif Corona 1.693, Pasien Sembuh Bertambah 1.576

Achmad Yurianto, Jubir Penanganan COVID-19

Penularan Virus Corona di Indonesia masih terus bertambah. Angka kematian akibat Virus Corona juga bertambah. Namun yang memberi harapan, pasien sembuh bertambah hampir menyamai penambahan kasus baru positif Covid-19.

JAKARTA, NEWSURBAN.ID – Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, hari ini, Senin 20 Juli total akumulasi positif Covid-19 menjadi 88.214 orang. Total pasien sembuh 46.977, dan jumlah pasien yang meninggal.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, jumlah pasien positif Covid-19 hari ini, bertambah 1.693.

“Kasus positif kita dapatkan penambahan kasus baru berdasarkan konfirm PCR Covid-19 bertambah 1.693 dan total jumlah positif menjadi 88.214,” kata Yuri dalam konferensi pers live streaming di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Senin 20 Juli 2020.

Baca: Satgas Covid-19 Unhas Bantu Ribuan Botol Minyak Kayu Putih ke Pemkot Makassar

Namun yang memberi harapan kata Yuri, pasien yang dinyatakan sembuh bertambah 1.576 menjadi 46.977 orang.

Yuri juga menyebutkan, pasien meninggal bertambah sebanyak 69 orang menjadi 4.239 orang.

Masih tingginya kasus penularan Virus Corona membuat pemerintah terus mengimbau masyarakat untuk ikut menekan penyebaran dengan tetap berada di rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak saat berinteraksi dengan orang lain dan memakai masker.

Baca: Penularan Covid tak Melandai, Ekonomi RI Bisa Anjlok -4,8 Persen

Yuri menjelaskan, hingga saat ini, pemerintah terus bekerja untuk memerangi Covid-19. Di antaranya dengan menetapkan pandemi Covid-19 sebagai bencana nasional nonalam.

Dalam perkembangannya daerah mulai melonggarkan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Misalnya DKI Jakarta.

Baca: Pasien Sembuh dari Covid-19 Bertambah 2.133, Sulsel Terbanyak 519 Kasus

Menurut Yuri, saat ini, Jakarta memasuki babak baru penanganan Covid-19. PSBB yang semula ketat mulai dilonggarkan.

Sejumlah sektor yang semula ditutup mulai dibuka kembali. Beberapa aktivitas yang semula dilarang juga mulai diperbolehkan.

Namun syaratnya, protokol pencegahan penyebaran Covid-19 tetap harus dijalankan. PSBB saat ini menjadi masa transisi menuju kenormalan baru (new normal), transisi menuju masyarakat yang sehat, aman, dan produktif. (*)

Leave a Reply