Megawati Tanda Tangani Prasasti Patung Bung Karno di Jakarta

Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri menandatangani Prasasti Patung Ir Soekarno Palu atau Monumen Mutiara Bangsa secara virtual (online) di Jakarta, Rabu 22 Juli 2020.

PALU, NEWSURBAN.ID – Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri mengucapkan terima kasih yang kepada Walikota Palu Hidayat beserta jajaran dan masyarakat Kota Palu yang telah mempersembahkan patung Bung Karno di sebuah taman yang indah di taman GOR Palu.

Megawati mengingat, pada 2 Oktober 1957, Bung Karno yang juga ayahnya itu pernah menegaskan Palu sebagai salah satu mutiara di khatulistiwa Indonesia.

BACA: Bung Karno Berdiri di Monumen Mutiara Bangsa GOR Kota Palu

“Karena itu, kapasitas saya juga sebagai Presiden Kelima RI, dengan ini mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada Bapak Wali Kota dan masyarakat Palu dengan dibangunnya sebuah Monumen Mutiara Bangsa. Dan dengan itu, mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, saya resmikan kehadiran Monumen Mutiara Bangsa ini,” ungkapnya.

Bung Karno, katanya menunjukkan bahwa kebenaran, dedikasi, dan pengabdian kepada rakyat Indonesia adalah suatu perjalanan tiada akhir.

BACA: Komunitas Sejarah Sulteng Apresiasi Pembangunan Patung Soekarno

Menariknya, saat menyampaikan sambutan, tangis Megawati pecah ketika ia menceritakan perjuangan sang ayah, Bung Karno, dalam membela kemerdekaan Republik Indonesia dari penjajah.

“Bung Karno bukan karena Beliau ayah saya, tetapi sebagai manusia telah membaktikan hidupnya bukan bagi bangsa Indonesia saja, tetapi juga perjuangan Beliau di dalam dinamika dunia internasional,” urainya. (hms/yusuf)

Leave a Reply