Yusuf Gunco Tegaskan SK Pemberhentian Dirinya Cacat Hukum

Yusuf Gunco

Yusuf Gunco menegaskan pencopotan dirinya sebagai Ketua DPD Partai Berkarya Makassar cacat hukum Dia juga mengaku mendapat pertintah dari Sekjen DPP Partai Berkarya untuk tetap melaksanakan tugas sebagai Ketua DPD Makassar.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Yusuf Gunco (Yugo) yang dikonfirmasi Senin (27/7) mengatakan, SK pemberhentian dirinya tidak sah karena sesuai dengan AD/ART Partai.

Diketahui, pemberhentian Yugo berdasarkan SK Nomor: SK-34/DPW-B/SS/VII/2020 yang ditandatangani Ketua DPW Andi Patabai Pabokori tanggal 21 Juli 2020 yang diteken Ketua DPW Partai Berkarya Andi Patabai Pabokori.

Baca:  Yusuf Gunco Diberhentikan Sebagai Ketua DPD Partai Berkarya Makassar

Menurut Yugo, dirinya telah berkomunikasi dengan Sekjen Partai Berkarya Prio Budi Santoso, terkait pemberhentian tersebut.

“Pak Sekjen mengatakan SK pemberhentian itu tidak sah. Tidak sesuai aturan,” kata Yugo mengutip percakapannya dengan Priyo.

Baca: Di Munaslub Tommy Soeharto Dilengserkan dari Partai Berkarya

Menurut Yugo, sesuai AD/ART Partai Berkarya penggantian Ketua DPD harus dengan persetujuan DPP.

“Pak Sekjen mengatakan sampai hari ini, beliau (Priyo Budi Santoso) dan Ketum DPP tidak pernah memberi persetujuan penggantian Ketua DPD Partai Berkarya Makassar,” kata Yugo lagi mengutip percakapannya dengan Priyo.

Baca: PKS Akui Belum Ada Paslon Resmi di Pilwali Makassar

Yugo pun mengaku ingin bersurat ke Mahkamah Partai terkait SK Pemberhentian dirinya. Namun Priyo menyatakan tidak perlu.

“Yusuf Gunco tetap sah sebagai Ketua DPD Partai Berkarya Kota Makassar,” kata Priyo melalui percakapannya dengan Yugo.

Baca: Dua Anggota DPR dan Dua Kepala Daerah Berebut Kosong Satu Golkar Sulsel

Berdasar perintah perintah DPP melalui Sekjen Priyo Budi Santoso, Yugo mengatakan tetap menjalankan tugasnya sebagai Ketua DPD Partai Berkarya Makassar.

“Saya solid dengan DPC. Dalam rangka verifikasi faktual tetap kami jalankan,” kata Yugo.

Baca: Muluskan DILAN, PDIP Kerahkan Seluruh Potensi Partai

Diduga pemberhentian Yugo terkait keputusan DPD yang memberi rekomendasi kepada bakal calon Walikota Makassar Irman Yasin Limpo.

Namun Ketua DPW Andi Patabai Pabokori mengatakan alasan pemberhentian sebagai penyegaran organisasi dan hasil evaluasi pencapaian Pemilu 2019 lalu. Di mana Kota Makassar disebut tidak capai target.

DPW juga telah menunjuk Hamire Hafid Sebagai pelaksana tugas Ketua DPD Berkarya Kota Makassar. (*)

Leave a Reply