Pemkab Nunukan Dorong Aktivitas UMKM Untuk Gairahkan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

DPRD Nunukan bersama Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Nunukan rapat terkait pembukaan usaha mikro kecil dan menengah di masa pandemi Covid-19.

Menggairahkan ekonomi masyarakat Pemkab Nunukan mendorong aktivitas pelaku usaha mikro kecil dan menengah.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Nunukan, Abdul Karim mengakui pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi sektor ekonomi. Perlambatan ekonomi dipicu pembatasan sebagai upaya mencegah laju penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19).

“Semenjak pandemi COVID-19, Pemkab Nunukan terus mendorong perputaran roda ekonomi dengan menggeliatkan produk-produk UMKM mengatasi pemasaran yang ketergantungan dengan sistim tatap muka tetapi memanfaatkan teknologi,” ucap Kepala, Abdul Karim dikutip antara, Selasa, 14 Juli 2020 lalu.

Baca: Gerakkan Ekonomi Lokal, Bupati Nunukan Resmikan 93 Cafe Food Court

Menurutnya, kebijakan yang ditempuh Pemkab Nunukan cukup beralasan. Sektor ekonomi yang lumpuh akibat pandemi Covid-19 bisa bergerak dengan menggerakkan sektor UMKM beriringan penerapan protokol kesehatanan yang ketat.

Sebelum wabah Covid-19, Pemkab Nunukan telah membina ribuan pelaku UMKM dengan memberikan bantuan modal usaha dan pelatihan-pelatihan baik skala nasional maupun regional.

Baca: Hadapi Kelesuan, Anggota DPRD Nunukan Hamsing: Siapkan Skema Ekonomi Terbaik

Menurut Abdul Karim, begitu virus korona mewabah sektor ekonomi menengah ke bawah dari UMKM hanya sedikit terdampak karena memanfaatkan jalur lain menggunakan teknologi dalam pemasarannya.

Abdul Karim mengakui, sebelum wabah COVID-19 memang pelaku UMKM di Kabupaten Nunukan telah banyak yang memanfaatkan teknologi khususnya melalui media sosial dalam mempromosikan produknya.

Baca: Bupati Laura Masuk Tujuh Perempuan Kepala Daerah Inovatif dan Berprestasi

“Adanya pelarangan berkumpul dan menjaga jarak selama COVID-19 di Nunukan, pelaku UMKM sangat intens memanfaatkan teknologi dan media sosial memasarkan pruknya. Makanya produk UMKM terus saja menggeliat selama pandemi COVID-19 ini,” ujar dia.

Hal ini memang telah menjadi komitmen Pemkab Nunukan agar perekonomian tidak terlalu terdampak oleh wabah virus korona ini. Berkat upaya seperti ini, maka masyarakat mampu mengatasi kekurangan kebutuhan pokok selama lima bulan terakhir ini. (adi/*)

2 thoughts on “Pemkab Nunukan Dorong Aktivitas UMKM Untuk Gairahkan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

  1. Pingback: Pemkab Nunukan Raih Penghargaan ke-38 di Bawah Nakhoda Bupati Laura | Newsurban

  2. Pingback: Bupati Laura Desak Pertamina Jaga Pasokan BBM ke Krayan | Newsurban

Leave a Reply