Kadis PM-PTSP Makassar Imbau Pengusaha Lengkapi Legalitas SIUP

Mengantongi NIB dari dari pemerintah pusat melalui Online Single Submission (OSS) belum lengkap untuk memulai usaha di Kota Makassar. Pelaku usaha juga mesti mengantongi legalitas SIUP dari PM-PTSP Kota Makassar.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) Kota Makassar Andi Bukti Djufrie menjelaskan, izin dari Kementerian Perdagangan berupa OSS hanya bersifat nomor induk berusaha (NIB). NIB itu, bukan surat izin tempat usaha, melainkan pengganti dari izin gangguan dan tanda daftar perusahaan (TDP).

“Kita imbau pelaku usaha yang hanya mengantongi izin dari OSS untuk segera mengurus surat izin usaha perdagangan (SIUP) di PM-PTSP Kota Makassar,” papar Andi Bukti Djufrie, Selasa (4/8).

Baca: Pemkot Makassar Lanjutkan Pembatasan Akses, Suket Bebas Covid-19 Ditiadakan

Dia mengatakan, sebagian besar pelaku usaha beranggapan jika sudah memiliki izin dari OSS maka ia bisa beroperasi meski belum mengantongi izin usaha dari pemerintah setempat.

Padahal, lanjut dia, setiap pelaku usaha yang ingin beroperasi di Kota Makassar wajib mengantongi izin usaha dari Pemkot Makassar.

“Jadi memang banyak pelaku usaha yang tidak memahami itu. Mereka cuma mengira kalau sudah ada OSS berarti mereka sudah memiliki izin padahal tidak seperti itu,” tegasnya.

Baca: Pemkot Makassar Kaji Metode Efektif Belajar Online

Dia pun mengaku pengurusan izin usaha tidak sulit dan tidak butuh waktu lama. “Pelaku usaha cukup melengkapi berkas sesuai persyaratan sebelum diverifikasi dan diterbitkan izinnya,” katanya.

Menurut dia, SIUP ini penting untuk memudahkan OPD teknis melakukan pengawasan di lapangan. (*)

Leave a Reply