Bupati Merangin Gandeng BI dan Unja Kembangkan Klaster Kopi

Bupati Merangin Al Haris menandatangani MoU pengembangan klaster kopi di dua desa bersama Bank Indonesia Jambi dan Universitas Jambi.

Pemerintah Kabupaten Merangin menggandeng Bank Indonesia dan Universitas Jambi untuk bermitra mengembangkan Klaster Kopi varietas Robusta di dua desa.

JAMBI, NEWSURBAN.ID – Guna mempercepat pengembangan kopi di wilayah kabupaten Merangin, Bupati Merangin Al Haris bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) dan Universitas Jambi (UNJA), Rabu (5/8/2020)

Kerjasama yang dilakukan melalui Desa binaan dengan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman untuk Desa Renah Alai Kecamatan Jangkat sebagai mitra binaan Unja. Sementara Desa Talang Tembago, Kecamatan Jangkat Timur menjadi mitra binaan BI.

Baca: Bupati Merangin Al Haris Harap PMI Siapkan Bank Darah, Aktifkan PMR dan KSR

Bupati Merangin Al Haris mengucap syukur karena telah melakukan kerja sama bersama Unja dan BI karena dua lembaga ini telah teruji dan profesional di bidangnya.

“Alhamdulillah MoU dua desa mitra binaan telah kita lakukan,” ujar Haris.

Baca: Bupati Merangin Al Haris Janji Buka Jalur Darat ke Desa Air Liki yang Terisolir

Rektor Universitas Jambi Drs H Sutrisno Msc. Ph.D dalam kesempatan tersebut mengatakan Unja terus berperan aktif dalam kemajuan provinsi Jambi. Oleh karena itu Unja memiliki 40 SKS di luar bidang studi dan kuliah kerja nyata atau KKN, tidak hanya berlangsung selama dua bulan, bisa sampai enam bulan bahkan setahun.

“Unja terus membangun pusat unggulan seperti pengelolaan limbah ternak dijadikan pupuk kompos yang sangat dibutuhkan petani,” terangnya.

Baca: Fachrori Lepas Ekspor Perdana Kopi Kerinci Langsung ke Belgia

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Bayu Martanto mengatakan, Desa Talang Tembago sudah menjadi mitra binaan BI untuk dijadikan Klaster Kopi.

“Nanti koperasi sekecil apa pun yang ada di desa bisa melakukan ekspor kopi dan komoditas pertanian lainnya,” tuturnya. (sah/*)

One thought on “Bupati Merangin Gandeng BI dan Unja Kembangkan Klaster Kopi

  1. Pingback: Pisah Sambut Kapolres Merangin: Lutfi Pamit, Selamat Datang Irwan | Newsurban

Leave a Reply