Pemkab Nunukan Gelar Reuni Akbar Alumni Haji 2019

Jemaah Haji angkatan 2019 Kabupaten Nunukan menggelar reuni akbar di Masjid Islamic Center Nunukan, Minggu, 2 Agustus 2020 lalu. Pada 2019, jemaah haji Kabupaten Nunukan merupakan kelompok terbesar dibandingkan tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19.

NUNUKAN,NEWSURBAN.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan menggelar acara Reuni dan Silaturahmi bersama Alumni Jemaah Haji angkatan tahun 2019. Jemaah haji tahun lalu, sekaligus dinobatkan sebagai jumlah jemaah haji terbanyak sepanjang tahun, sebelum terjadi wabah Covid-19, di Masjid Islamic Center Nunukan, Minggu, 2 Agustus 2020.

Seperti yang disampaikan Hj Asmin Laura Hafid, Bupati Nunukan, yang sekaligus sebagai Ketua Panitia Jemaah Haji 2019 menerangkan, dalam suasana momen Lebaran Idul Adha, Pemkab Nunukan bersama Panitia Reuni Jamaah Haji 2019 berinisiasi melangsungkan acara guna menjaga tali silaturahmi, antara Pemkab Nunukan dengan para Jemaah Haji tahun 2019.

Baca: Disdikbud Nunukan Recana Buka Bertahap Pembelajaran Tatap Muka

Laura menyebutkan di tahun 2020 ini Calon Jamaah Haji harus ditunda untuk berangkatkan akibat adanya wabah Covid-19 yang menjadi bencana seluruh penjuru dunia. Maka dalam catatan terakhir Pemkab Nunukan, Jemaah Haji tahun 2019 ialah Jemaah terakhir yang berhasil melaksankan Ibadah ke Tanah Suci Mekah.

“Pemkab Nunukan juga panitia jemaah Haji 2019 berupaya menjaga silaturahmi untuk jemaah kita. Perlu diketahui, jemaah tahun 2020 tertunda karena covid-19, saya harap calon Jamaah jangan berkecil hati, insyaallah jika tidak ada hambatan data yang sudah ada akan kita berangkatkan jika sudah benar-benar aman, tetapi Covid-19 juga masih berdampak dimana- mana diseluruh penjur dunia,” tutur Laura.

Baca: Pemkab Nunukan Raih Penghargaan ke-38 di Bawah Nakhoda Bupati Laura

Berdasarkan data Pemerintah dan Panitia Jemaah Haji, tahun 2019 dengan kuota terbanyak yakni 314 orang. Sedangkan untuk Calon Jemaah Haji di tahun 2020 meski belum sempat diberangkatkan, berdasarkan data yang di himpun ada sebanyak 115 Calon Jemaah Haji.

Laura membenarkan data terkait, dirinya mengatakan hal tersebut sejarah buat Pemkab Nunukan ditahun 2019 dengan kuota Jemaah terbanyak sepanjang pelaksanaan dan pemberangkatan.

“Alhamdulillah ini Jemaah paling terbanyak, kuota murni 114, dan penambahan 200 orang, totalnya 314 orang. Dan ini juga angkatan terakhir yang dari hitungan sepanjang tahun sebelum ada Covid-19,” sebut Laura.

Baca: Pemkab Nunukan Dorong Aktivitas UMKM Untuk Gairahkan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid-19

Lebih lanjut, acara tersebut ditutup dengan doa bersama, dan pembagian bingkisan untuk jemaah.

Untuk diketahui acara reuni turut dihadiri seluruh Alumni Jemaah Haji tahun 2019, Kapolresta Nunukan, DanTompam Kabupaten Nunukan, Ketua Gugus Tugas Covid-19, serta tamu undangan lainnya. (ar)

Leave a Reply