Instruksi PMI Pusat, PMI Gowa Sosialisasi Penguatan Respon Masyarakat Tekan kasus Covid-19

Palang Merah Indonesia Kabupaten Gowa sosialisasi Penguatan Respon Masyarakat dalam Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kelurahan Bonto-Bontoa, di Kantor Camat Somba Opu, Senin (10/8).

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Gowa menjadi daerah yang ditujukan untuk melakukan Sosialisasi Penguatan Respon Masyarakat dalam Penanggulangan Covid-19.

GOWA, NEWSURBAN.ID – Sekretaris PMI Kabupaten Gowa, Mardani Hamdan mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan instruksi PMI pusat sebagai upaya untuk membantu pemerintah menekan kasus virus corona atau Covid-19 di daerah yang masuk kategori zona merah.

Mardani menjelaskan, dari 24 kabupaten/kota dan 8 provinsi di Indonesia, Kabupaten Gowa menjadi daerah yang ditujukan untuk melakukan Sosialisasi Penguatan Respon Masyarakat dalam Penanggulangan Covid-19. dikarenakan Kabupaten Gowa merupakan salah satu daerah yang masuk zona merah.

“Ini marupakan penjabaran dari program PMI Pusat. Di Kabupaten Gowa ini kita melalukan sosialisasi dan mengedukasi masyarakat bagaimana pentingnya Pencegahan penularan Covid-19,” kata Mardani disela-sela sosialisasi Penguatan Respon Masyarakat dalam Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kelurahan Bonto-Bontoa, di Kantor Camat Somba Opu, Senin (10/8).

Baca: Kabupaten Gowa Urutan Ke-4 Dalam Penggunaan Anggaran APBD se-Indonesia

Lanjutnya, selama ini PMI Kabupaten Gowa terus mendukung dan membantu pemerintah dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 di Wilayah Kabupaten Gowa seperti penyemprotan disinfektan di seluruh wilayah Kabupaten Gowa.

“Apalagi Bupati kita merupakan Ketua PMI Provinsi Sulawesi Selatan dan Wakil Bupati kita merupakan Katua PMI Kabupaten Gowa. Kita terus bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Gowa dan selama kita diberikan ruang untuk ikut berpartisipasi,” jelasnya.

Baca: Pemkab Gowa Akan Bentuk Tim Pengawasan Dalam Tindak Lanjut Inpres Nomor 6/2020

lanjut mardani mengatakan sosialisasi ini akan dilakukan di 10 lelurahan dan desa di 5 kecamatan wilayah Kabupaten Gowa yaitu di Kecamatan Somba Opu terdiri dari Kelurahan Paccinongang, Samata, Bonto-Bontoa dan Sungguminasa.

Kemudian kata Mardani, Kecamatan Pallangga terdiri dari Desa Bontoramba, Kampili dan Panakukang serta Desa Timbuseng di Kecamatan Pattallassang, Desa Borongloe di Kecamatan Bontomarannu dan Desa Bone Kecamatan Bajeng.

Dirinya berharap dengan adanya sosialiasi ini masyarakat bisa lebih paham bahaya dan cara penanggulangan serta pencegahan penularan Covid-19.

“Minimal bisa melindungi diri sendiri dan keluarganya dari penularan Covid-19,” harapnya.

Baca: Sekda Gowa ke Pusat Jadi Kepala Biro Keuangan Kementan

Sementara , Camat Somba Opu, Agussalim mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PMI Kabupaten Gowa tersebut. Menurutnya kegiatan ini tentu akan membantu Pemerintah Kecamatan Somba Opu untuk melakukan penanganan Covid-19.

“Tentunya apa yang dilakukan oleh PMI Kabupaten Gowa ini sangat sejalan dengan apa yang kami lakukan di Kecamatan Somba Opu. Setiap saat kami bersama Tripika Kecamatan Somba Opu menemui untuk memberikan pembinaan dan terkait wajib memakai masker,” ujar Agussalim.

Baca: KPK Harap Perbup Gowa Tentang Pendidikan Anti Korupsi Jadi Percontohan

selain itu, seorang tokoh pemuda Kelurahan Bonto-Bonto, Kecamatan Somba Opu, Muh Isra Anatullah juga mengapresiasi kegiatan PMI Kabupaten Gowa ini karena melibatkan masyarakat secara langsung.

“Saya sangat apresiasi PMI Kabupaten Gowa telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Respon Penanggulangan Covid-19. Ini merupakan bentuk pelibatan peran serta masyarakat secara intens dalam penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19,” tandasnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Lurah Bonto-Bontoa, Iqra Ardiansah Ikbal sekaligus membuka acara. Kemudian hadir sebagai narasumber Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr. Gaffar dengan materi Situasi Covid 19 Gowa dan Sosialisasi Pedoman Revisi 5 Kemenkes RI. (ad)

Leave a Reply