DPRD Nunukan Bersama Tiga OPD Evaluasi Penyerapan Anggaran

Menyusul tanggapan Gubernur Kalimantan Utara atas LKPJ Bupati Nunukan 2019 yang sudah disetujui DPRD setempat, Badan Anggaran dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait kembali menggelar rapat evaluasi. Tak ada masalah serius, hanya perbaikan untuk tahun berjalan.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Nunukan mengundang OPD terkait membahas hasil hasil evaluasi Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) terkait Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Bupati Nunukan Tahun Anggaran 2019.

Rapat Badan Anggaran bersama tiga OPD terkait yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pekerjaan Umum, dan Dinas Kesehatan berlangsung tertutup, di ruang rapat Ambalat I, Kantor DPRD Nunukan, Senin (10/8).

Rapat tersebut, DPRD Nunuan melakukan evaluasi dan sharing pendapat dengan tiga OPD pengguna anggaran. Evaluasi tiga OPD terkait serapan APBD tahun 2019.

Baca: Bupati Nunukan Persembahkan Autobiografi “Tentang Laura” di Ultahnya ke 35

Ketua DPRD Nunukan Hj Rahma Leppa mengakui tiga OPD tersebut memang menjadi perhatian karena ada sedikit kendala dalam hal pelaksanaan beberapa program kerja.

Menurut Hj Leppa sapaan akrab Ketua DPRD Nunukan, berdasarkan evaluasi Gubernur Kaltara serapannya sangat rendah.

Terkait evaluasi atas serapan anggaran di tiga OPD tersebut lanjut Hj Leppa menjadi tugas dan tanggung jawab DPRD di tahun anggaran mendatang untuk lebih mengawasi dinas – dinas di nunukan.

“Tiga OPD jadi tugas kita bagaimana tidak terulang lagi seperti ini. Tapi karena sudah berlalu kita anggap ini jadi catatan dan tambahan tugas kita di dprd lebih detail lagi,” terang Hj Leppa.

Baca: DPRD Nunukan Gelar RDP Terkait Perbaikan Ekonomi

Meski begitu, kata politikus Hanura ini, hasil evaluasi gubernur terkait anggaran tidak sampai menimbulkan permasalahan yang signifikan. Sebab meneurutnya, penyerapan hanya 30 persen lebih saja bisa ditoleransi karena masa pandemi Covid-19. Tiga OPD terkait perlu mendapat toleransi karena harus menyesuaikan letak geografis Kabupaten Nunukan.

“Ya kita maklumilah, namanya juga di Nunukan ini memang tahap berkembang memang begitu. Apalagi tiga sektor tersebut menjadi kebutuhan utama untuk memajukan daerah. Pendidikan penting, kesehatan apalagi, dan juga dinas PU bicara pembangunan, juga sangat penting,” jelasnya.

Setelah rapat, pihaknya langsung membuat tanggapab. “Evaluasi itu kami tanggapi, kami catat, ini tinggal kami bagi kerja untuk di tahun anggaran yang sedang berjalan agar lebih maksimal.” ujarnya. (ar)

Leave a Reply