Pj Walikota Makassar Minta Gerakan Pramuka Bantu Penanganan Covid-19

Memperingati hari jadi Pramuka ke 59 gerakan pramuka diharapkan ikut membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana covid-19.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Penjabat Wali Kota Makassar, Prof Rudi Djamaluddin menyampaikan, tema yang diangkat ini merupakan perwujudan dari semangat pramuka. Dimana, ikut membantu menanggulangi bencana covid dan ini jadi masalah besar di Indonesia dan Dunia.

“Itulah sebabnya, sejak terjadinya wabah ini, gerakan Pramuka selalu tanggap dalam upaya penanggulangannya. Seperti pentingnya mendidik menjaga kebersihan tubuh,” jelas Ketua Majelis Cabang Gerakan Pramuka Malassar saat apel terbatas Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Makassar dalam rangka Hari Jadi Pramuka ke 59 tahun, di Taman Segitiga, Jalan Lamadukelleng Makassar, Jumat (14/8).

Apel terbatas yang mengangkat tema peran gerakan pramuka ikut membantu dalam penanggulangan bencana covid-19 dan bela negara dihadiri sejumlah tokoh Pramuka, diantaranya Ketua Pramuka Makassar, Iqbal Suhaeb dan beberapa veteran.

BACA



Lebih lanjut Rudy mengatakan, gerakan Pramuka dari tingkat Kwarti Nasional hingga gugus depan ikut membantu sehingga peran Pramuka ini dinilai penting utamanya penanganan covid-19 di Makassar.

“Sebagai organisasi pendidikan yang berasaskan Pancasila, aktivitas membantu penanggulangan bencana alam dan wabah covid-19 ini adalah kegiatan untuk menjukkan betapa semua anggota Pramuka berusaha menepati janjinya terhadap Tuhan dan NKRI,” jelasnya.

Prof Rudy menambahkan, wabah covid-19 membuat berbagai aktivitas masyarakat nyaris terhenti. Baik dibidang perekonomian maupun seni budaya. Latihan dan pembinaan gerakan Pramuka juga sementara tidak dapat dilakukan secara terbuka.

“Tetapi kita bisa latihan pembinaan tatap muka dalam jumlah terbatas dan mematuhi protokol kesehatan, maupun dengan berbagai kegiatan daring. Kegiatan ini justru dapat menyatukan banyak anggota gerakan Pramuka,” pungkasnya. (*)

Leave a Reply