Pemkab Nunukan Terus Memacu Pembangunan Sektor Pendidikan

Tiga tahun terakhir, pengalokasian 20 persen anggaran untuk sektor pendidikan, Pemkab Nunukan berhasil merealisasikan 102 sarana dan prasarana sekolah.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Kepala Disdikbud Nunukan Junaedi mengatakan, Pemerintah Kabupaten Nunukan terus berupaya memacu sumber daya manusia dengan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan. Tiga tahun terakhir (2017-2019) sektor pendidikan dialokasikan 20 persen dari anggaran.

Junaedi menyebutkan, tiga tahun terakhir pengalokasian anggaran 20 persen, berhasil merealisasikan 102 unit sarana dan prasarana pendidikan.

Dia merinci pada 2017 Pemkab Nunukan membangun 28 unit prasarana pendidikan, tahun 2018 sebanyak 21 unit, dan terakhir pada 2019 sebanyak 53 unit.

“Tiga tahun terakhir jika berdasarkan data, Pemkab Nunukan perlu diapresiasi kinerja pembangunan prasarana pendidikan yang meningkat signifikan,“ ungkap Junaedi.

Baca: KPU Nunukan Temukan Ribuan TKI Domisili Malaysia Berstatus Pemilih Aktif

Pada 2019, pembangunan meningkat drastis karena didorong program merdeka belajar, di mana peserta didik perlu mendapat perhatian terkait fasilitas belajar baik dalam ruang kelas maupun lingkungan sekolah.

“Alhamdulillah di 2019 naik signifikan, semua sekolah di wilayah kecamatan sebagian besar sudah terpenuhi pengajuan fasilitas sarana dan prasarananya,” ujar Junaedi.

Baca: Bupati Nunukan Persembahkan Autobiografi “Tentang Laura” di Ultahnya ke 35

Bupati Nunukan, Hj Asmin Laura Hafid juga mengakui, capaian pembangunan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan di Kabupaten Nunukan naik signifikan tiga tahun terakhir. Namun kata dia sektor pendidikan masih perlu diprioritaskan sebagai upaya pembangunan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Nunukan.

“Pendidikan ini skala prioritas. Wilayah kita berbatasan dengan Malaysia, sehingga peningkatan SDM melalui pendidikan harus terus didorong. Harapan kita dapat menjadi generasi yang membantu peran pemerintah membangun daerah,” tutur Laura. (ar)

 

2 thoughts on “Pemkab Nunukan Terus Memacu Pembangunan Sektor Pendidikan

  1. Pingback: Renungan Suci Bercahaya Obor di TMP Jaya Sakti Nunukan | Newsurban

  2. Pingback: Bupati Nunukan Minta Disdikbud Maksimalkan Program Pendidikan Sampai ke Pelosok | Newsurban

Leave a Reply