Kantor PTSP-Kemenag Nunukan Teken MoU Pendaftaran Haji

Pemerintah Kabupaten Nunukan melalui Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) menandatangani nota kesepahaman atau MoU (memorandum of understanding) pelayanan pendaftaran haji dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Nunukan.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan bersama Kantor Kemenag menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Nunukan untuk pendaftaran haji. Inovasi ini bertujuan menciptakan pelayanan cepat, jelas, transparan, dan humanis kepada masyarakat muslim yang ingin menunaikan ibadah haji.

Kerja sama ini untuk mendukung pelayanan pendaftaran Haji “One Day’s One Service” yang saat ini satu atap oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Nunukan.

Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Nunukan Muhammad Amin pada Acara Penandatanganan Mou pelayanan PTSP “One Day’s One Service” pendaftaran Haji satu atap di Kantor Kemenag Nunukan.

BACA

Muhammad Amin menyampaikan, inovasi “One Day’s One Service pendaftaran haji sangat memudahkan masyarakat yang ingin mendaftar haji karena tidak perlu datang ke bank untuk membuka buku tabungan haji.

“Cukup datang di Kantor Kementerian Agama dengan membawa seluruh persyaratan yang dibutuhkan, maka pembukaan tabungan haji dan pengurus administrasinya bisa dilakukan sekaligus, tidak perlu bolak – balik lagi. Waktu yang dibutuhkan juga sangat singkat, cukup satu hari,” kata Muhammad Amin (20/8).

Kepala Kantor Kemenag Provinsi Kaltara Suriansyah dalam sambutan yang disampaikan secara virtual menyatakan bahwa one day’s one service adalah inovasi untuk menjawab tantangan zaman yang serba cepat.

Suriansyah berharap inovasi tersebut dapat diikuti oleh daerah – daerah lainnya agar pelayanan kepada para calon tamu Allah bisa semakin baik di masa – masa mendatang.

Sementara itu, seusai penandatanganan Mou, Pimpinan Bank Syariah Mandiri secara simbolis juga menyalurkan beberapa bantuan sosial.

Untuk diketahui, acara tersebut dihadiri oleh Kepala Kemenag Provinsi Kalimantan Utara Suriansyah, Kepala Kemenag Nunukan Muhammad Saleh, pimpinan Bank BNI, BRI, Mandiri Syariah, dan BPD Kaltimtara. (ar)

Leave a Reply