Pasar Lette Bakal Ditertibkan

PD Pasar Makassar bakal menertibkan Pasar Lette. Pasar di Jl Rajawali lr 10, Kelurahan Lette, Kecamatan Mariso, Kota Makassar bakal ditata.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Rencana penertiban Pasar Lette terungkap dalam pertemuan dengan Kelurahan Lette, Penglola Pasar dan Bagian Penertiban dan Keindahan PD Pasar Makassar, Kamis, (3/9).

Lurah Lette Muhammad Jausy, menyarankan penataan pasar nanti tidak ada lagi yang menggunakan jalan sebagai tempat jualan.

“Silahkan dikoordinasikan, ada masukan agar pedagang tidak ambil badan jalan sebagai tempat jualan,” ujarnya.

Menurutnya Pasar Lette memang harus ditata agae lebih rapi dan indah. “Pihak Kelurahan siap memfasilitasi, retribusi hanya pada sampah. Dan harus ada keamanan,” lanjutnya.

Sementara Kepala Bagian Penertiban dan Keindahan, Muhammad Jaenul menyarankan pengelola menyusun struktur organisasinya agar mendapat legalitas dari pemerintah.

BACA



“Antisipasi segala kemungkinan. Sebaiknya pengelola susun dulu struktur kelembagaannya. Agar punya legalitas dan kekuatan hukum. Dan harus ada identitas pedagang,” saran mantan Kepala Unit Pasar Sentral ini.

Pihak pengelola Pasar Lette, Sinar mangatakan, sesungguhnya pedagang yang selama ini meresahkan warga di jalan adalah pendatang yang sekedar numpang jualan. Bahkan ada yang menyewa depan ruko warga.

“Sebenarnya pak pedagang yang di pasar itu sebagian besar keluarga. Yang sudah lama berjualan di rumah masing-masing. Hanya saja kadang ada beberapa pendatang. Dan inilah yang sering memakai ruas jalan,” ujar Sinar.

Ia juga mengatakan akan membahas lebih lanjut terkait usulan tersebut. Selanjutnya akan mendata ulang pedagang.

Selain itu ruas jalan masuk juga akan dijadikan satu arah. Melalui jalan Rajawali lorong 10 dan keluar ke jalan Rajawali lorong 11.

Hadir dalam pertemuan tersebut adalah Kasubag Kebersihan dan Keindahan Abdul Latif, Kasubag Pembinaan dan Ketertiban Abdul Malik Hakim, dan Staf bagian Fisik dan Prasarana, Nurul dan Dian. (*)

Leave a Reply