Dua Bakal Calon Bupati Dinyatakan Positif Covid-19

Tanpa gejala, namun hasil tes swab dua bakal calon kepala daerah (Calkada) di Sulawesi Selatan dinyatakan positif Covid-19.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Dua bakal calon peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) Sulawesi Selatan (Sulsel) dinyatakan positif Covid-19 tanpa gejala. Mereka adalah Arsyad Kasmar, bakal calon Bupati Luwu Utara, yang diusung Partai Gerindra, Hanura, PKS dan calon Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam yang diusung NasDem dan Gerindra.

Ketua KPU Luwu Utara, Syamsul Bahri membenarkan jika ada bakal calon bupati positif terinfeksi virus korona dan pendafatraannya diwakili. “Meski demikian, syarat dan administrasi pencalonannya terpenuhi,” sebutnya dikutip Media Indonesia, Sabtu (5/9).

BACA



Syamsul menambahkan, di Luwu Utara itu ada tiga pasangan bakal calon kepala dan wakil kepala daerah yang akan mendaftar. Semuanya sebelum pendaftaran, diwajibkan mengikuti uji swab dulu.

“Dari hasil pemeriksaan BBLK (Balai Besar Laboratorium Kesehtan) Makassar ternyata dia (Arsyad) terindikasi positif, dan sudah empat hari diisolasi. Kita tunggu nanti 14 hari kita doakan dia negatif dia sehingga bisa ikuti tahapan selanjutnya,” ungkap Syamsul.

Arsyad di Luwu Utara maju berpasangan dengan Adi Sukma. Pasangan ini diusung tiga koalisi partai, yaitu Gerindra, Hanura dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Di sisi lain, Koordinator Divisi Teknis KPU Luwu Timur, Muhammad Abu juga menyebut ada bakal calon dalam pilkada jkali ini positif Civid-19. “Iya, satu bakal calon tadi tidak hadir, karena berhalangan, dibuktikan dengan surat keterangan dari BBLK. Jadi diwakili,” ungkapnya.

Pada Pilkada Luwu Timur, Irwan Bachri Syam maju berpasangan dengan Andi M Rio Pattiwiri Hatta.

Dua calon kepala daerah tersebut diketahui tidak memiliki penyakit bawaan. Kondisi mereka sehat seperti biasa. Mereka tergolong orang tanpa gejala sehingga hanya menjalani isolasi mandiri. (*)

Sumber: Media Indonesia

One thought on “Dua Bakal Calon Bupati Dinyatakan Positif Covid-19

  1. Pingback: IBAS Umumkan Hasil Swabnya Negatif Covid-19 | Newsurban

Leave a Reply