Tiga Terdakwa Kasus PAUD Bone Divonis Berbeda

Kasus korupsi pengadaan buku Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Dinas Pendidikan Kabupaten Bone memasuki babak akhir. Tiga terdakwa sudah divonis berbeda.

BONE, NEWSURBAN.ID – Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Bone menjatuhi vonis berbeda kepada tiga terdakwa, Selasa (8/9/20). Sulastri dan Ihsan divonis hukuman 1 tahun 6 bulan kurungan dengan denda Rp50 juta subsider satu bulan. Sementara Mazdar divonis 5 tahun penjara denda Rp50 juta subsider satu bulan serta uang pengganti Rp2,7 miliar.

Vonis ketiga terdakwa di bawah dari tuntutan. Sebelumnya, Sulastri dan Ihsan dituntut tiga tahun penjara, sementara Mazdar dituntut tujuh tahun penjara.

BACA



Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Bone, Andi Kurnia mengatakan, ketiga terdakwa terbukti bersalah dan bekerja sama melakukan tindak pidana korupsi dalam pengadaan buku anggaran di tahun 2017 dan 2018.

“Kedua terdakwa Sulastri dan Ihsan telah mengembalikan uang sebesar Rp1,7 miliar, sementara dari Mazdar dilakukan penyitaan uang senilai Rp250 juta melalui rekening istrinya. Dari total Rp4,8 miliar kerugian negara, sekitar Rp2,7 miliar yang belum kembali dan menurut perhitungan BPKP, uang tersebut dinikmati oleh Mazdar,” ungkap Andi Kurnia.

Terkait banding, pihaknya kejaksaan masih mempertimbangkannya. “Kalau itu (banding, red), kami masih pikir-pikir dulu,” aku Andi Kurnia. (fn)