Polisi Tangkap Terduga Pembunuh Staf KPU Yahukimo

Seorang terduga pelaku pembunuhan staf KPU Yahukimo ditangkap polisi. Terduga pelaku ditangkap saat sedang terlibat aksi sosial di Sekretariat KNPB.

PAPUA, NEWSURBAN.ID — Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, terduga pelaku pembunuhan staf KPU Kabupaten Yahukimo, Hendry Jovinsky, berinisial KY ditangkap saat sedang melakukan bakti sosial di Sekretariat Komite Nasional Papua Barat (KNPB).

“Anggota mendapat laporan dari masyarakat bahwa pelaku Ariel Sonyap alias Korowai sedang berada di dalam Pasar Baru Dekai. Sedang melaksanakan bakti sosial di Sekretariat KNPB,” kata Kamal melalui keterangan resmi, Jumat (19/9).

Baca Juga: Kapolri Keluarkan Telegram Pencegahan Cluster Covid-19 di Pilkada Serentak

Kamal menyebut pihak kepolisian lantas melakukan pemantauan di sekitar area pasar. Polisi melihat pelaku sedang bersama sejumlah simpatisan KNPB saat hendak ditangkap.

Setelah delapan jam melakukan pengintaian, sekitar pukul 17.30 WIT polisi menangkap terduga pelaku. KY diamankan dengan barang bukti uang tunai sebesar Rp30 ribu, tiga buah korek gas, dan satu bungkus rokok.

Kamal mengatakan KY langsung dibawa ke Mapolres Yahukimo untuk menjalani pemeriksaan. Usai menangkap KY, pihak kepolisian terus melakukan patroli guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Dalam penangkapan itu, polisi belum bisa meringkus terduga pelaku lain yang bernama Senat Soll (SS). SS merupakan tersangka utama dalam insiden pembunuhan staf KPU tersebut.

Baca Juga: Panglima TNI dan Kapolri Minta Pasukannya Jalankan Misi Sosial Tepat Sasaran

“Korowai diketahui bersama Senat Soll dan merupakan koordinator lapangan dalam setiap aksi kelompok Senat Soll. Bersama-sama Senat Soll melakukan pembakaran ATM BRI serta tindak kekerasan lain yang terjadi di Kabupaten Yahukimo,” ujarnya.

Wilayah Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo memang menjadi salah satu tempat yang marak terjadi kasus kekerasan pada Agustus lalu.

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw bersama sejumlah pejabat utama Polda Papua dan juga Kepala Staf Kodam XVII/Cenderawasih Brigjen Bambang Trisnohadi bahkan sempat melakukan kunjungan kerja ke Dekai, Yahukimo untuk mendorong pengungkapan rangkaian tiga kasus pembunuhan.

Beberapa kasus kekerasan yang sempat terjadi misalnya, pembunuhan staf KPU Hendry Jovinsky di Kali T, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, pada 11 Agustus 2020, dengan Nomor LP/38/VIII/2020/Papua/Resor Yahukimo.

Kasus kedua, kasus kematian tukang mebel, Muhammad Thoyib (39) di Jalan Bandara Nop Goliat, Distrik Dekai, Yahukimo, 20 Agustus. Kasus ini tercantum dalam laporan Nomor LP/39/VIII/2020/Papua/Resor Yahukimo, tanggal 20 Agustus 2020.

Kemudian yang ketiga kematian tukang antar batako, Yauzan Alias Ocang (34), di Jembatan Kali Buatan, Jalan Gunung, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo, 26 Agustus 2020 dengan laporan nomor LP/42/VIII/Papua/Resor Yahukimo. (*)

Leave a Reply