Warga 2 Desa di Dua Boccoe Adukan Aktivitas Tambang ke DPRD Bone

Perwakilan warga Desa Tawaroe dan Desa Solo, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, mengadukan aktivitas tambang galian C ke DPRD Bone.

BONE, NEWSURBAN.ID — Polemik aktivitas tambang galian C di Desa Tawaroe dan Desa Solo, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, belum juga usai. Warga kedua desa itu mendatangi Gedung DPRD Bone, Senin (21/9/2020).

Kedatangan warga untuk menindaklanjuti penyampaian aspirasi mereka terkait aktivitas tambang galian C beberapa waktu lalu.

Perwakilan warga, Ramlan menuturkan, aktivitas tambang galian C di sepanjang Sungai Walanae sangat meresahkan warga karena mengakibatkan kerusakan.

Baca Juga: Disoroti Warga Bone, Truk Bak Terbuka Pengangkut Material Belum Ditindak

Ramlan menceritakan, aktivitas penambangan dilakukan menggunakan perahu. Dalam sehari, penambang biasanya delapan kali bolak-balik ke sungai. Aktivitas tersebut mengakibatkan kerusakan lingkungan.

“Rusaknya luar biasa. Di Desa Tawaroe terdapat pemakaman longsor. Bahkan ada potongan jenazah yang jatuh ke sungai,” ujar Ramlan dalam rapat bersama Komisi III DPRD Bone.

Tak hanya itu, lanjut Ramlan, masjid dan permukiman warga di sepanjang Sungai Walanae juga terancam. Sungai semakin terkikis dan melebar. “Jika tidak mengambil tindakan, semua akan habis,” kata Ramlan.

Baca Juga: Pemkab Bone Terima Bantuan Mobil Serbaguna dari Kemensos

Ramlan menambahkan, warga pernah mengusir para penambang yang menggunakan perahu. Dua hari tidak ada aktivitas tambang, tetapi setelah itu, aktivitas penambangan kembali dilakukan.

Anggota Komisi III DPRD Bone, Adriani Page mengatakan, jika daerah tersebut tidak masuk wilayah tambang, maka aktivitas penambangan itu ilegal dan mutlak ditutup.

“Kami akan turun di loksi tersebut bersama pihak kepolisian dan OPD terkait untuk memeriksa hal ini,” tegas legislator Partai Golkar ini.
Terpisah, Kasat Reskrim Polres Bone, AKP Ardy Yusuf mengaku siap turun ke lokasi. “Kita akan mengecek kebenarannya,” katanya singkat. (fn)

2 thoughts on “Warga 2 Desa di Dua Boccoe Adukan Aktivitas Tambang ke DPRD Bone

  1. Pingback: Warga Ujung Lamuru Minta Proyek Bendungan dan Jaringan Irigasi Dihentikan | Newsurban

  2. Pingback: Tambang Galian C di Desa Cabbeng Menuai Polemik | Newsurban

Leave a Reply