Irman-Zunnun, Payungi 4 Etnis di Makassar

Bagi pasangan Irman-Zunnun, angka 4 punya makna arus politik yang luar biasa. Angka yang menjadi nomor urutnya itu melambangkan empat etnik yang mendiami Kota Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Irman Yasin Limpo – Andi Zunnun Armin NH, mendapatkan nomor urut 4, saat pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2020.

Angka ini memiliki makna yang luar biasa dalam masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel).

Baca Juga: Dukungan Kursi Parpol Terbanyak, Irman-Zunnun Siap Menangi Pilwalkot Makassar

Menurut None – sapaan akrab Irman Yasin Limpo – angka 4 melambangkan 4 suku yang mendiami Kota Makassar. Yakni suku Makassar, Bugis, Mandar, dan Toraja.

“Angka 4 ini juga bisa diartikan sebagai Appa’ Sulapa’, memiliki makna yang tidak bisa dipisahkan dengan Makassar. Appa’ Sulapa’ ini memayungi 4 etnis di Kota Makassar. Bugis, Makassar, Mandar, dan Toraja,” kata None, yang didampingi Andi Zunnun, usai menghadiri Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2020, di Hotel Harper By Aston Makassar, Kamis, 24 September 2020.

Baca Juga: Irman-Zunnun Terpilih, Selain Insentif Rp3,1 Juta Ketua RT Juga Dapat Tablet dan Sepeda

Lanjut None, angka 4 juga bisa dimaknai sebagai Appakabaji. Memiliki makna memperbaiki atau saling bergotong royong untuk setiap sendi pengabdian.

“Angka 4 juga bermakna Appakalebbi atau mappakalebbi, merupakan Bahasa Bugis yang memiliki makna santun, rendah hati,” tuturnya.

Baca Juga: Hamka Instruksikan Sahabat HBK Berjuang Menangkan Irman-Zunnun

Menurut None, dalam filosofi Bugis Makassar juga dikenal Sulapa Appa, yang pernah disampaikan Arung Matoa Matinrowa Rikannana, Raja yang memerintah pada akhir abad XVI atau permulaan abad XVII. Dimana individu yang cocok menjadi pemimpin haruslah memiliki empat sifat kepemimpinan. Yakni malempu (jujur), macca (memiliki nilai intelektualitas atau berpengetahuan), warani (berani), dan sugi (kaya dan pemurah).

“Kota Makassar membutuhkan pemimpin yang mempunyai sifat Sulapa Appa,” pungkasnya.

Baca Juga: Ratusan Ketua RT Nyatakan Komitmen Menangkan Irman-Zunnun

Ia menambahkan, angka 4 akan menjadi angka keberuntungan bagi dirinya dan Andi Zunnun, serta seluruh warga Kota Makassar yang menginginkan adanya perubahan dan pemerintahan yang melayani.

Penarikan nomor undian yang digelar KPU Makassar, pasangan Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi (Danny-Fatma) mendapat nomor 1, Munafri Arifuddin-Rahman Bando (Appi-Rahman) nomor 2, Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan) nomor 3. (*)