Gubernur Minta PT IKI Bangun Ro Ro Selayar dan 20 Kapal Fiber

Gubernur Sulawesi Selatan Prof HM Nurdin Abdullah.

Sempat tertunda, pembangunan Kapal Roll on Roll off atau Ro Ro akan dilanjutkan PT IKI. Atas permintaan Gubernur Sulsel IKI juga akan membuat 20 unit kapal fiber untuk nelayan pulau.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi-Selatan, Prof HM Nurdin Abdullah kemudian meminta ini untuk diatasi termasuk dengan menyelesaikan pembangunan kapal Ro Ro yang sempat tertunda.

Permintaan itu disampaikan Gubernur saat menerima kunjungan Direktur PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Diana Rosa dan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kepulauan Selayar, H Odding Karim di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Kamis, 24 September 2020.

Menurut Nurdin, kapal penyeberangan ini dipandanng perlu untuk memberikan aksebilitas bagi distribusi orang, kendaraan dan barang di Selayar yang seluruh wilayahnya 130 pulau terpisah dari daratan Sulsel.

Baca Juga: Bertahap, Nurdin Abdullah Penuhi Kebutuhan Dasar Warga Pulau

Kapal Ro Ro yang dibangun juga diharapkan menjadi sarana transportasi yang aman, nyaman dan dapat menghubungkan daerah terisolir.

“Rencana pembangunan Kapal Ro Ro untuk Kabupaten Selayar, memang sempat tertunda, sudah sempat tergeser. Tetapi sudah kita rencanakan lagi, ada penambahan anggaran, tadi sudah disetujui Bapak (Gubernur Sulsel),” kata Direktur PT Industri Kapal Indonesia (PT IKI) Diana Rosa.

Diana menjabarkan lebih jauh hasil pertemuannya, bahwa fokus yang diinginkan untuk kemajuan Kabupaten Selayar. Termasuk penambahan jalur layanan. Seperti ke Pelabuhan Bira – Pamatata dan Pelabuhan Jampea.

“Tidak hanya dua pulau, tadi sudah disampaikan oleh Pak Kadis untuk dirubah rutenya dan itu kita OK,” tambahnya.

Baca Juga: Gubernur Sulsel Alokasikan Anggaran Besar Untuk Warga Pulau pada 2021

Rencananya pembangunan kapal Ro Ro oleh PT IKI, ditarget progres 20-30 persen tahun ini. Kemudian dilanjutkan di tahun 2021.

Diana mengatakan, sebagai industri perkapalan di Sulsel, PT IKI sangat mendukung dan mensupport program-program Gubernur untuk memajukan Sulsel. “Khususnya yang terdiri dari banyak pulau untuk konektivitasnya bagi pariwisata dan nelayan,” ucapnya.

Selain kapal Ro Ro, Gubernur juga meminta PT IKI untuk membuat kapal fiber sebanyak 20 unit bagi nelayan di pulau-pulau. Tujuannya untuk mendukung kesejahteraan masyarakat pulau, di mana Sulsel memiliki 330 pulau dengan potensi perikanan tangkap yang besar.

Untuk pembuatan kapal fiber ini, akan dimulai tahun 2021. Kapal fiber tersebut memiliki kekuatan mesin sebesar 17 Gross Tonnage (GT).

“Dan ini belanjut dengan pembangunan kapal fiber yang ada di 2021. Bapak sudah menugaskan kami untuk 20 unit kapal fiber 17 GT,” papar Diana.

Baca Juga: Kabar Gembira, Warga Lae-Lae Bakal Nikmati Listrik 24 Jam

Odding Karim menambahkan, kapal Ro Ro yang dibangun rencananya untuk home base di Pelabuhan Pattumbukan.

“Home base di Pelabuhan Pattumbukan, melayari seluruh pelabuhan yang ada di lima kecamatan kepulauan Selayar. Ini untuk memperlancar transportasi antar pulau di Selayar,” ujarnya.

Kapal Ro Ro ini akan dibangun dengan fasilitas lengkap dan nyaman. “Ini dibangunnya nyaman. Kalau kita naik, merasa tidak ada ombak. Secara interior Pak Gub minta ada lounge dan cafe,” tambahnya. (*)

Leave a Reply