Gubernur Minta 7 “Bupati Sementara” Tidak Utak Atik APBD

Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah melantik 7 Pjs Bupati, Sabtu (26/9) di rumah jabatan Gubernur Sulsel. (humas)

Tujuh pejabat lingkup Pemprov Sulsel dilantik menjadi pejabat sementara bupti di tujuh kabupaten. Masa kerja “Bupati Sementara” adalah 70 hari.

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah resmi melantik 7 Penjabat sementara (Pjs) yang akan mengisi kekosongan jabatan kepala daerah atau petahana yang mengikuti Pilkada Serentak 2020 di Rumah Jabatan Gubernur Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Sabtu (26/9/2020).

Nurdin mengukuhkan mereka berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait penetapan penjabat sementara tersebut.

“Jadi Pjs Bupati yang baru saja kita lantik tugas utama adalah memang sangat berat di masa pandemi ini. Jadi betul-betul pelaksanaan pilkada ini dikawal dengan baik dengan protokol kesehatan secara ketat,” kata Nurdin.

Baca Juga: Rakor Pilkada, Gubernur Harap Tidak Terjadi Klaster Baru Covid-19

Selian itu, kata Nurdin selain tugas berat di masa pandemi ini, yang paling penting adalah menetapkan APBD.

“Oleh karena itu saya sudah tekankan kepada bupati sebelum cuti agar dirampungkan RAPBD-nya agar pejabat sementara tidak mengutak atik APBD itu,” ujarnya.

Tugas penting lainnya, lanjut NA, tentu harus menjaga stabilitas keamanan di di daerah masing-masing.

Baca Juga: Temui Prof Rudy di Posko Covid-19 Makassar, Gubernur Minta Perkuat Sinergi

“Saya minta segera berkoordinasi dengan seluruh unsur Forkopimda daerah dan tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh adat, KPU, Panwas untuk menyamakan langkah kita.”

“Tapi yang paling penting adalah dalam rangka menciptakan suasana yang kondusif di daerah harus menjaga netralitas ASN itu penekanannya kita,” imbuhnya.

Mantan Bupati Bantaeng ini juga menyatakan bahwa aturan lain yang diberlakukan, mereka juga tidak akan menempati rumah jabatan.

Baca Juga: Dukungan Besar, Dirut Perseroda Optimis Penuhi Tantangan Gubernur Sulsel Setor PAD Setengah Triliun

“Jadi sesuai intruksi mendagri pentunjuk teknis jadi beliau dicarikan rumah untuk ditempati,” tandasnya.

Adapun Pjs Bupati yang dilantik adalah Asisten 1 Bidang Pemerintahan Andi Aslam Patonangi sebagai Pjs Bupati Gowa, Kepala Kesbangpol Asriadi sebagai Pjs Bupati Selayar, Kepala DPMPTSP Jayadi Nas sebagai Pjs Bupati Luwu Timur, Staf Ahli Gubernur Iqbal Suaeb sebagai Pjs Luwu Utara, Kepala Biro Umum Idham Kadir Pjs Bupati Soppeng, Kepala BPSDM Sulsel Asri Sahrun Said Pjs Bupati Tana Toraja, Kadiskominfo Amson Padolo sebagai Pjs Bupati Toraja Utara. (*)

Leave a Reply