Pemkab Nunukan-Bakamla RI Gelar Penyuluhan Kesehatan Warga Desa Maritim Balansiku

Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) bersama Pemkab Nunukan melanjutkan program Desa Maritim yang telah dimulai sejak 14 Juni 2019.

NUNUKAN, NEWSURBAN.ID — Melalui Keputusan Bupati Nunukan Nomor 188.45/379/VI/2019 Desa Balansiku ditetapkan menjadi Desa Maritim ke-4 binaan Bakamla RI/IDNCG. Kini Bakamla mengadakan kegiatan fasilitasi kerja sama pengembangan desa maritim Balansiku, Kecamatan Sebatik, kabupaten Nunukan dengan kegiatan berupa penyuluhan kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19 serta Peresmian Tugu Kampung KB.

Program fasilitasi ini dimaksudkan untuk membangun budaya masyarakat maritim untuk hidup bersih dan sehat. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang Aula kantor desa Balansiku Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan.

Baca Juga: Pemkab Nunukan Terima Dua Penghargaan dari BPKP

Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Nunukan Muhammad Amin, mewakili Bupati Nunukan dalam sambutan tertulisnya mengatakan, saat ini masyarakat di seluruh dunia sedang menghadapi situasi yang sangat sulit sebagai akibat merebaknya wabah Covid-19 penyakit ini, tidak mengenal batas negara, tidak pandang usia, jenis kelamin, status sosial, semua punya potensi yang sama terpapar penyakit ini.

Pemkab Nunukan, lanjut dia telah melakukan berbagai langkah untuk menindaklanjuti adanya pandemi Covid-19, mulai dari penanggulangan dampak sosial, penanggulangan dampak ekonomi, dan tindakan perawatan bagi pasien terkonfirmasi positif serta tindakan preventif sebagai langkah pencegahan dengan kegiatan sosialisasi, bahkan langkah penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga: Penerimaan Pemkab Nunukan Meleset 3,13% Akibat Pandemi Covid-19

Seusai mengikuti penyuluhan kesehatan, Muhammad Amin bersama kepala OPD di lingkungan Pemkab Nunukan meresmikan Tugu Kampung KB.

Penyuluhan kesehatan di desa maritim tersebut, dihadiri Direktur kerja sama Bakamla, Laksma Bakamla Retiono Kunto, Danlanal Nunukan Letkol Laut Anton Pratomo, Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Nunukan dr Meinstar Tololiu, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Nunukan Faridah Aryani, Kapolsek, Danramil sebatik barat, OPD serta para peserta penyuluhan. (*)

One thought on “Pemkab Nunukan-Bakamla RI Gelar Penyuluhan Kesehatan Warga Desa Maritim Balansiku

  1. Pingback: 65 Cawas dan Calon Kepsek Ikuti Tes Substansi | Newsurban

Leave a Reply