Miris, 5.673 Anak di Bone Putus Sekolah

Anak-anak yang putus sekolah di Kabupaten Bone.

Angka anak putus sekolah di Kabupaten Bone mencapai 5.673 orang. Angka ini, baru terhitung yang putus sekolah tingkat SD dan SMP.

BONE, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kabupaten Bone masih mempunyai pekerjaan rumah di bidang pendidikan. Anak putus sekolah di Bumi Arung Palakka ini masih cukup tinggi.

Berdasarkan data pokok Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, tercatat angka putus sekolah mencapai 5.673 orang. Ini pun yang terhitung angka putus sekolah tingkat SD dan SMP.

Daerah yang paling banyak tercatat angka putus sekolahnya berada di Kecamantan Dua Boccoe. Angkanya mencapai 3.816 orang.

Baca Juga: Bupati Bone Sarankan Anak TK Diajar Bahasa Cina

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Bone, Nursalam mengatakan, faktor penyebab terjadinya anak putus sekolah dikarenakan pola pikir orang tua anak yang kurang akan pentingnya pendidikan anak.

Menurut Nursalam, pola pikir orang tua ketika anaknya bersekolah rata-rata pengharapannya akan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun jika tidak, orang tua meminta anaknya berhenti sekolah.

“Jadi yang paling utama yakni mindset berpikir orang tua yang tidak mengerti dunia pendidikan,” ujar Nursalam.

Baca Juga: Warga 2 Desa di Dua Boccoe Adukan Aktivitas Tambang ke DPRD Bone

Faktor kedua, lanjut Nursalam adalah faktor internal. Dia mengatakan, orang tua bercerai yang menyebabkan anak jadi terlantar. “Faktor lain adalah biaya. Tapi faktor biaya kecil presentasenya,” ungkapnya.

Untuk mengatasi hal ini, Nursalam mengaku saat ini Pemkan Bone mempunyai program yang dinamakan Gerakan Kembali Masuk Sekolah (Garlimas). “Ini salah satu cara untuk menekan angka putus sekolah dan mencari serta mengajak siswa kembali masuk ke dunia pendidikan,” kata Nursalam.

Baca Juga: Disoroti Warga Bone, Truk Bak Terbuka Pengangkut Material Belum Ditindak

Sementara itu, Wakil Ketua II DPRD Bone, Andi Wahyudi Taqwa mengatakan, besarnya angka anak putus sekolah di Kabupaten Bone ini tidak lepas dari minimnya sosialisasi dari pemerintah daerah.

“Harusnya itu dari dulu pemerintah daerah turun ke kecamatan untuk mensosialisasikan pentingnya dunia pendidikan khususnya di daerah terpencil. Jadi mohon kiranya semua pihak yang terkait, mari kita turun untuk menekan hal ini semoga di tahun yang akan datang angka itu akan semakin menurun,” ajak Andi Wahyudi. (fn)

One thought on “Miris, 5.673 Anak di Bone Putus Sekolah

  1. Pingback: Dibayar Pakai Cek Kosong, Rekanan Laporkan Oknum Kades ke Polisi | Newsurban

Leave a Reply