Pelanggaran Netralitas ASN, Dua Orang di RSUD I Lagaligo Dilaporkan ke KASN

RSUD I Lagaligo Wotu

Rumah Sakit Umum Daerah I Lagaligo Wotu

Dugaan pelanggaran kedua ASN itu telah membuat polling di RSUD I Lagaligo Wotu, dianggap  melanggar UU Nomor 05 tahun 2014 tentang netralitas ASN. 

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID — Dua Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) I Lagaligo Wotu, sudah dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), atas dugaan pelanggaran netralitas ASN.

“Ye. Ada dua orang yang berkerja di RSUD I Lagaligo sudah kami laporkan ke KASN atas dugaan pelanggaran netralitas ASN,” beber Zaenal anggota Bawaslu Luwu Timur, Senin (28/09/2020).

Baca juga: Masih Berstatus ASN, Bawaslu Luwu Timur Sudah 2 Kali Laporkan Budiman ke KASN

Menurutya, dugaan pelanggaran dilakukannya sesuai aturan berlaku pada UU Nomor 05 tahun 2014 tentang ASN. Pelanggaran dilakukan dua ASN itu, lanjut kata Zaenal, telah membuat polling bakal calon Bupati dan Wakil Bupati di pelayanan publik dan hal itu tidak diperbolehkan.

“Setelah Bawaslu melakukan kajian, bahwa ada bentuk pelanggaran dilakukan dua ASN tersebut atas pollig yang dibuat,” ucapnya.

“Walaupun seorang ASN mempunyai hak pilih. Tapi, harusnya pilihnya bersifat rahasia dan tersembunyi pada 9 Desember 2020 mendatang. Ketika sudah menentukan pilihannya di sebuah polling, di pastikan sudah diketahui hak pilihnya seorang ASN salah satu calon di Pilkada Luwu Timur,” pungkas Zaenal.

Baca juga: Bawaslu Lutim Sosialisasi Netralitas ASN dalam Pilkada 2020

Zaenal menambahkan, untuk saat ini Bawaslu Luwu Timur, masih dalam menunggu jawaban ke KASN, sejauhmana tindaklajutinya akan dilakukan tindakan oleh Bawaslu.

“Kami dari Bawaslu hanya menunggu jawaban KASN. Tindakan apa yang haruskan dilakukan Bawaslu kedua ASN tersebut, sesuai dengan pentunjuk dan arahan di KASN,” katanya.

Baca juga: 24 Februari, Bawaslu Akan Undang 300 ASN di Luwu Timur

Zaenal mengungkapkan sebanyak 40 ASN baik itu berbentuk laporan, temuan dan pelanggaran serta bukan pelanggaran masuk ke Bawaslu.

Diketahui, polling yang dibuat oleh oknum ASN di RSUD I Lagaligo untuk menggukur kedua calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan bertarung di Pilkada Luwu Timur 9 Desember 2020 mendatang.

Kedua kadidat itu, juga tertera foto yakni Muhammad Thorig Husler dan Irwan Bachri Syam. (*)

Leave a Reply