BUMDes Tak Berjalan Baik, Sekkab Bone Sentil Pengelola Keuangan

Buntut Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tidak berjalan sesuai yang diharapkan, Sekretaris Kabupaten Bone Andi Islamuddin menyentil sejumlah pengelola keuangan.

BONE, NEWSURBAN.ID — Sekretaris Kabupaten Bone Andi Islamuddin menyentil sejumlah pengelola keuangan dalam bimbingan teknis yang digelar Forum Komunikasi Kerjasama Penasihat BUMDes dan BUMDesma (FKKPB) di Hotel Helios, Jalan Langsat Kelurahaan Jeppe’e Kecamatan Tanete Riattang Barat, Kabupaten Bone.

Bimtek turut dihadiri Asisten I H Andi Muh Yamin Tahir, Guru Besar Unhas Dr Aini dan Dr Rahman, Kasat Reskrim Polres Bone AKP Ardy Yusuf, dan Kasi Intel Kejaksaan Negeri Bone Andi Alam.

Baca Juga: Razia Warkop, Warga Bone Kritik Tim Gugus Covid-19

Andi Islamuddin mengatakan, berbagai persoalan yang muncul disebabkan pengelola BUMDes yang dipilih oleh masyarakat sebagai pengelola keuangan belum menampakkan hasil yang baik dan akuntabel, yang dapat dipertanggungjawabkan sebagaimana diamanatkan UU No.6 tahun 2014 tentang Pemerintahan Desa. “Nyaris seluruh Desa di Kabupaten Bone telah membentuk BUMdes namun persoalan muncul seiring ketidakmampuan pengelolanya,” tuturnya, Minggu 4 September 2020.

Persoalan lain adalah rendahnya daya ungkit dan daya dorong ekonomi Desa dengan modal yang ada. “Harusnya didukung sumber daya manusia yang cerdas dan memiliki kemampuan mengelola keuangan dengan catatan sederhana, dapat dipahami dan dimengerti semua pihak,” kata Andi Islamuddin.

Baca Juga: Gowes Bersama, Batalyon C Pelopor dan BPN Bone Gelar Aksi Sosial

Sementara Ketua FKKPB Ilham mengatakan, kegiatan Bimtek ini dibagi menjadi enam gelombang yang anggarannya bersumber dari Dana Desa yang masuk ke BUMdes. “Peserta setiap Desa diwajibkan membayar senilai Rp1 juta. Dan setiap gelombang diikuti 40 peserta,” jelasnya.

Menurut Ilham, Bimtek ini tujuangnya untuk meningkatkan kemampuan pengelola keuangan pengurus BUMdes dan BUMdesma. “Selama ini pengelola keuangan tidak berjalan baik, betul yang disampaikan oleh Pak Sekda. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan para peserta Bimtek untuk mengelola keuangan BUMDes dan BUMDesma masing-masing agar lebih baik dan jelas dari yang sebelumnya,” kata Ilham. (fn)

Leave a Reply