Ditolak, Permohonan Sengketa Diajukan Tim Hukum Husler-Budiman ke Bawaslu

Zaenal Arifin Koordinator Devisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Luwu Timur

Penolakan permohonan pemohon sengketa dilakukan Tim kuasa Hukum Husler-Budiman ke Bawaslu karena dianggap tidak mencukupi syarat materil dan formil sehingga tidak dapat diregister.

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID — Tim kuasa hukum calon Bupati dan Wakil Bupati Muhammad Thorig Husler- Budiman mengajukan permohonan sengketa pilkada kepada Bawaslu Luwu Timur (Lutim), ditolak.

Penolakan dilakukan oleh Bawaslu karena dianggap tidak mencukupi syarat materil dan formil yang ajukan Tim Hukum Husler-Budiman sehingga tidak dapat diregister. Hal ini diketahui setelah Bawaslu Lutim mengirimkan keterangan pers diterima langsung oleh newsurban.id, Jumat (16/10/2020).

Baca juga: Tim Hukum MTH-Budiman Minta Bawaslu Batalkan Penetapan Paslon Ibas-Rio

“Permohon pemohon tidak dapat diregister, karena tidak mencukupi syarat materil dan formil yang diajukan oleh kuasa hukum Husler-Budiman,” ungkap anggota Bawaslu Lutim Zaenal.

Sebelumnya, kata Zaenal, Tim Kuasa Hukum Husler-Budiman telah diberikan kesempatan kepada bawaslu untuk memperbaiki objek yang disengketakan, tapi juga tidak bisa membuktikannya.

“Dari hasil verifikasi tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat meteril dikarenakan objek sengketa diajukan Tidak dapat ditindaklajuti,” tandasnya.

Baca juga: Tim Hukum Ibas-Rio Pertanyakan Bawaslu Lutim Tak Register Laporannya

Diketahui, Tim Kuasa Hukum Husler-Budiman, Kamis 8 Oktober 2020 secara resmi mengajukan permohonan penyelesaian sengketa, karena menganggap ada kerugian langsung yang dialami oleh Pemohon, sebagai akibat dikeluarkannya Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Luwu Timur Nomor: 107/PL.02.3-Kpt/7324/KPU-Kab/X/2020 Tentang Penetapan Pasangan Calon Peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur Tahun 2020, Tertanggal 5 Oktober 2020, dikarenakan Termohon telah menetapkan Pasangan Calon Bupati IRWAN BACHRI SYAM, S.T. dan Calon Wakil Bupati ANDI MUH. RIO PATIWIRI, S.H., M.KN, dimana Calon Wakil Bupati ANDI MUH. RIO PATIWIRI, S.H., M.KN, telah ditetapkan oleh Termohon Tidak Memenuhi Persyaratan Calon Wakil Bupati berdasarkan Pasal 7 ayat(2) huruf cJuncto Pasal 45.

Baca juga: Bawaslu Lutim Panggil Husler Terkait Dugaan Pelanggaran Pilkada

“Calon Wakil Bupati Luwu Timur, atas nama Andi Muh. Rio Patiwiri, S.H., M.Kn, sebagaimana telah ditetapkan oleh KPU (Termohon) sebagai Pasangan Calon tertanggal 5 Oktober 2020, persyaratannya sebagai Calon Wakil Bupati berikut harus berpendidikan sekolah lanjutan tingkat atas atau sederajat tidak terpenuhi dikarenakan persyaratan calon berupa Ijazah/STTB yang diserahkan kepada Termohon (Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Luwu Timur) bukan tertulis atas nama “Andi Muh Rio Patiwiri” tetapi tertulis atas nama “Muhammad Rio Patiwiri (tidak ada tertulis Andi). Sehingga pada keadaan itu, oleh Termohon seharusnya tidak menetapkan Pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Luwu Timur atas nama IRWAN BACHRI SYAM, S.T. dan ANDI MUH. RIO PATIWIRI, S.H., M.KN;,” beber Agus. (*)

One thought on “Ditolak, Permohonan Sengketa Diajukan Tim Hukum Husler-Budiman ke Bawaslu

  1. Pingback: Gawat, Bawaslu Lutim Temukan Fakta Baru Dugaan Pelanggaran Husler | Newsurban

Leave a Reply